Info Bulanan

Cerita Perubahan

Bener Meriah Terus Berbenah Guna Meraih Dana Insentif Daerah

Salah satu strategi yang dilakukan untuk mendukung perbaikan kinerja DID, yaitu melalui koordinasi regular dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sumber penilaian kinerja...

Kumpulan Cerita Perubahan KOMPAK

Kumpulan Cerita Perubahan KOMPAK

Semangat Baru Desa Wisata dari Lombok Utara

Kemitraan pemerintah daerah bersama KOMPAK, akademisi, sektor swasta, masyarakat lokal, dan media membuat pengembangan desa wisata menjadi lebih kolaboratif dan sinergis.

of
1

Video


Forum Inspirasi Nasional: Kolaborasi untuk Indonesia

Publikasi


Publikasi > Panduan Teknis dan Catatan Kebijakan

Panduan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Standar Pelayanan Minimal

Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri bersama KOMPAK memandang perlu menyusun Panduan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Standar Pelayanan Minimal. Panduan ini merupakan penerapan tugas dan fungsi Ditjen Bina Bangda dalam mengkoordinasikan penerapan dan pemenuhan SPM sebagaimana diatur dalam Perpres No. 11 tahun 2015 tentang Kementerian Dalam Negeri. Panduan ini secara operasional bertujuan untuk memandu monitoring penerapan SPM, memandu proses pengendalian rencana pembangunan, dan memandu pelaksanaan evaluasi capaian penerapan SPM.

Dipublikasikan pada: Mei 2022

Publikasi > Panduan Teknis dan Catatan Kebijakan

Panduan Integrasi Standar Pelayanan Minimal Dalam Dokumen Perencanaan Dan Penganggaran Daerah

Panduan ini disusun dengan maksud sebagai alat bantu untuk menambah pemahaman dan kapasitas pemerintah daerah dalam melaksanakan tahapan penerapan SPM, terutama terkait pengintegrasian SPM ke dalam dokumen perencanaan dan penganggaran daerah. Integrasi SPM dalam dokumen perencanaan dan penganggaran menjadi bagian integral dari pelaksanaan tahap penyusunan rencana pemenuhan pelayanan dasar yang menjadi dasar dari pelaksanaan dan pencapaian target pemenuhan pelayanan dasar di daerah.

Dipublikasikan pada: Mei 2022

Publication > Evaluation Report

Laporan Kajian Leveling Standar Pelayanan Minimal

Maksud Kaji Cepat Levelling SPM adalah untuk mengetahui konsep levelling SPM yang lebih realistik dalam membagi peran antara pemerintah dan pemerintah daerah sesuai kewenangannya agar SPM dapat dipenuhi oleh keberagaman Daerah. Dengan demikian, hasil kaji cepat ini diharapkan akan memudahkan daerah dalam mengintegrasikan indikator SPM dan mensinergikan ke dalam dokumen perencanaan dan penganggaran agar dapat diimplementasikan. Sedangkan untuk pemerintah Pusat dapat menjadi tools monitoring dan evaluasi implementasi SPM di Daerah.

Dipublikasikan pada: Mei 2022

of
2

Menghadapi

COVID-19