Publikasi > Catatan Kebijakan

Peran Perguruan Tinggi dalam Mengawal Penerapan SEPAKAT untuk Peningkatan Efektivitas Penurunan Kemiskinan di Daerah

Dokumen ini berisi tentang keterlibatan Perguruan Tinggi dalam mengawal program-program penurunan kemiskinan di daerah. Salah satunya dengan mengembangkan aplikasi SEPAKAT sesuai dengan kondisi daerah.

Dipublikasikan pada: Jan 2018

Publikasi > Catatan Kebijakan

Ringkasan Kebijakan: Interaksi Dana Puskesmas

Sejak sistem desentralisasi pada pelayanan daaerah diterapkan di tahun 2001 kepada pemerintah daerah dan kabupaten, pengeluaran pelayanan daerah terus meningkat.

Dipublikasikan pada: Des 2017

Publikasi > Catatan Kebijakan

Ringkasan Kebijakan: Kondisi Pembiayaan dan Tantangan Sumber Daya Manusia Saat ini di Puskesmas

Pemerintah Indonesia telah meluncurkan serangkaian inisiatif reformasi untuk meningkatkan pelayanan penyediaan layanan kesehatan di seluruh Indonesia dalam 10 tahun terakhir.

Dipublikasikan pada: Nov 2017

Publikasi > Catatan Kebijakan

Catatan Kebijakan: Dana Transfer dan Kesenjangan Wilayah

Tulisan ini menganalisis kesenjangan wilayah, baik ketimpangan ekonomi maupun tingkat layanan publik di Indonesia setelah desentralisasi fiskal. Seterusnya, juga dianalisis hubungan antara dana transfer ke daerah dengan kesenjangan wilayah dan faktor penyebab terjadinya kesenjangan wilayah di Indonesia. Kebijakan desentralisasi fiskal di Indonesia melalui sistem transfer ke daerah telah berlangsung selama satu setengah dekade.

Dipublikasikan pada: Okt 2017

Publikasi > Catatan Kebijakan

Pedoman Penyusunan Peraturan Daerah/Peraturan Kepala Daerah Untuk Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Buku ini disusun untuk menjadi pedoman bagi daerah kabupaten/kota dalam menyusun peraturan daerah (perda) dan peraturan kepala daerah (perkada) yang telah diatur oleh peraturan di tingkat nasional dalam rangka pelaksanaan undang-undang desa. Sebagian besar gagasan dalam naskah ini merupakan hasil diskusi pemerintah, pemerintah daerah, dan perwakilan desa di Surabaya pada September 2016 yang difasilitasi oleh KOMPAK – Kemitraan Pemerintah Australia dan Indonesia.

Dipublikasikan pada: Jun 2017

of
4