FAQ

1. KOMPAK?

KOMPAK merupakan program kemitraan Pemerintah Australia dan Indonesia yang mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk mengurangi kemiskinan melalui peningkatan pelayanan dasar dan kesempatan ekonomi bagi masyarakat miskin dan rentan. KOMPAK memfokuskan kegiatannya pada tiga area, yaitu:

  1. Peningkatan akses, kualitas dan penyediaan pelayanan dasar di bidang kesehatan, pendidikan dan identitas hukum;
  2. Penguatan tata kelola pemerintah desa dan partisipasi masyarakat di dalamnya, serta pembangunan berbasis masyarakat;
  3. Peningkatan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin dan rentan melalui pengembangan ekonomi lokal.


2. Apa Tujuan Program KOMPAK?

KOMPAK bertujuan memastikan masyarakat miskin dan rentan di Indonesia mendapatkan manfaat dari meningkatnya penyelenggaraan pelayanan dasar dan kesempatan ekonomi yang lebih besar. 


3. Bagaimana KOMPAK mendukung Pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan RPJMN?

KOMPAK memiliki 8 instrumen yang digunakan dalam proyek-proyek kami, yaitu:


  • Dialog Kebijakan. Memfasilitasi pemerintah Indonesia untuk menyelenggarakan dialog kebijakan melibatkan seluruh jajaran pemerintahan dan pemangku kepentingan masyarakat madani. Dialog ini dilakukan untuk dapat menginformasikan dan mendukung penyelarasaian capaian antara pemerintah Indonesia dan KOMPAK.
  • Saran Kebijakan. Menyediakan saran kebijakan ahli sebagai penasihat terpercaya untuk pemerintah Indonesia guna membantu mereka dalam mencapai hasil yang sejalan dengan capaian KOMPAK.
  • Penguatan Kapasitas/Lembaga. Menyediakan ahli teknis, dan/atau pelatihan untuk Pemerintah Indonesia dan/atau komunitas madani guna mendukung mereka menghasilkan tujuan tertentu yang dapat memfasilitasi capaian program bersama.
  • Adaptasi Iteratif Berbasis Masalah. Membentuk kelompok-kelompok pemangku kepentingan di lini terdepan penyelenggaraan pelayanan dasar (bisa termasuk pemerintah, masyarakat madani, program-program donor, dan para penerima manfaat) untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah melalui sebuah proses perubahan yang adaptif dan iteratif.
  • Percontohan dan Peragaan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan percontohan dan peragaan bersama dengan pemerintah Indonesia untuk meraih capaian, dan memfasilitasi replikasi dan/atau peningkatan keberhasilan.
  • Koalisi untuk Perubahan. Menyatukan kelompok atau  individu yang berpengaruh (baik secara formal ataupun informal) untuk mengejar perubahan-perubahan kebijakan sebagai hasil capaian.
  • Pemanfaatan Sumber Daya. Berkolaborasi dengan investasi program pemerintah Australia lainnya guna mempromosikan perubahan untuk mencapai capaian KOMPAK.
  • Penelitian dan Analisis. Mendukung penelitian dan analisis yang akan memberikan wawasan baru kepada KOMPAK, pemerintah Australia dan pemerintah Indonesia untuk tujuan mencapai hasil capaian bersama.


4. Apa saja area tematik KOMPAK?

Terdapat 7 area tematik yang dirancang untuk meraih tujuan KOMPAK, yaitu:


  1. Desentralisasi Fiskal dan Pengelolaan Keuangan Publik.
  2. Kesehatan dan Gizi.
  3. Pendidikan.
  4. Pencatatan Administrasi Kependudukan dan Statistik Hayati.
  5. Penguatan Kecamatan dan Desa.
  6. Akuntabilitas Sosial.
  7. Pengembangan Ekonomi Lokal.


5. Siapa saja mitra utama KOMPAK dalam pemerintahan Indonesia?

KOMPAK bekerja di bawah arahan pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Kementerian Keuangan.


6. Apakah KOMPAK bekerja sama dengan mitra lainnya?

Selain bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, KOMPAK juga bekerja sama dengan mitra strategis seperti Pusat Kajian dan Advokasi Perlindungan dan Kualitas Hidup Anak (Puskapa) Universitas Indonesia, Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), Institute for Research and Empowerment (IRE), Lembaga Perlindungan Anak - NTB, Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI), dan Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (SEKNAS Fitra).


KOMPAK juga berkolaborasi dengan sejumlah program inisiatif dan yang didanai oleh Pemerintah Australia untuk meningkatkan sinergi dan dampaknya terhadap pembangunan secara keseluruhan di Indonesia, seperti:  

  • INOVASI, UNICEF dan TASS - Peningkatan kualitas layanan pendidikan demi memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) di daerah,
  • KSI - Penguatan proses transformasi pengetahuan menjadi kebijakan di daerah serta mengujicobakan mekanisme pembiayaan untuk organisasi masyarakat sipil.
  • MAHKOTA – Mengujicobakan program perlindungan sosial di Papua.
  • MAMPU – Mengujicobakan perencanaan dan penganggaran desa yang akuntabel dan inklusif; memperbaiki akses layanan dasar bagi kelompok rentan.
  • PRISMA – Mengujicobakan pendekatan berbasis pasar untuk memperkuat ekonomi lokal.
  • World Bank dan Local Solutions for Poverty - Memperkuat kapasitas kelembagaan untuk mendukung pembangunan desa; konvergensi program untuk mengurangi stunting di daerah.
  • World Bank dan PROSPERA – Memperkuat kebijakan transfer fiskal dan pengelolaan keuangan publik di daerah untuk memperbaiki desentralisasi pemberian layanan.


7. Di mana saja wilayah kerja KOMPAK?

Proyek KOMPAK berskala nasional namun difokuskan di Provinsi Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.


8. Siapa saja donor KOMPAK?

KOMPAK didanai oleh pemerintah Australia dengan Abt Associates sebagai kontraktor pengelola