Profil

Rukmini Mewujudkan Mimpi

Author: Sitti Rohani
Published: 23/11/2021

Saya Rukmini, lahir dan besar di Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan. Saat ini mendapat amanah menjadi Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep. Sesuai namanya, Kabupaten Pangkep terdiri atas gugusan pulau-pulau. Maka perlu banyak inovasi agar layanan pendidikan bisa menjangkau semua orang termasuk anak-anak di wilayah kepulauan.

Pada 2016, ketika saya masih menjadi Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pendidikan, hampir semua sekolah di wilayah kepulauan pernah saya datangi.  Saat itu saya menjumpai banyak anak yang tidak masuk sekolah selama berhari-hari karena harus membantu orang tua melaut. Mereka berasal dari berbagai jenjang pendidikan, baik SD, SMP maupun SMA.

Anak-anak yang pergi melaut umumnya malu kembali ke sekolah karena merasa telah tertinggal pelajaran. Saat itu, sebagian guru  masih beranggapan, belajar  hanya bisa dilakukan di  ruang kelas. Di sisi lain, orangtua belum berperan aktif mendukung pendidikan anak-anak mereka. Hal ini menyebabkan tingginya angka anak putus sekolah di wilayah kepulauan.  

Pengalaman ini menginspirasi saya untuk mengembangkan inovasi Kelas Perahu, sebuah sistem pembelajaran yang memungkinkan anak-anak untuk tetap belajar meskipun sedang melaut. Mereka menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang kami kembangkan sebagai media belajar mandiri. Di Kelas Perahu, guru akan memberikan tugas kepada siswa ketika pergi melaut. Setelah kembali, tugas tersebut dikumpulkan dan dibahas bersama sehingga anak-anak yang harus pergi melaut tidak ketinggalan pelajaran.

Kami melalui beberapa tahap guna mengembangkan inovasi ini. Mulai dari penyusunan kebijakan dan penganggaran serta panduan yang akan mengatur koordinasi antar pemangku kepentingan yang terlibat.

Salah satu pihak yang terlibat dalam pengembangan Kelas Perahu adalah KOMPAK. KOMPAK membantu kami mengevaluasi materi LKS, dan memastikan adanya muatan lokal yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat nelayan, serta mendorong replikasi Kelas Perahu di seluruh wilayah kepulauan di Kabupaten Pangkep.

Kolaborasi berbagai pihak ini sekarang telah membuahkan hasil. Sampai Agustus 2021, sebanyak 530 anak mengikuti pembelajaran mandiri melalui Kelas Perahu. Inovasi ini memungkinkan mereka tetap dapat membantu orangtua tanpa mengorbankan hak mendapat layanan pendidikan berkualitas.

Inilah mimpi saya bagi anak-anak yang tinggal di wilayah kepulauan.

Profil
Asa Didin Bagi Mereka yang Miskin

Saya Didin, Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya BAPPEDA Litbang Kabupaten Pekalongan. Jabatan ini memposisikan saya sebagai anggota perumus Laboratorium Kemiskinan, sebuah...

Profil
Manfaatkan Momentum dan Libatkan Semua

Muhammad, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Rarang Selatan, Kabupaten Lombok Timur

Profil
Hikmah dari Seorang Nikmah

Nikmah, Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Menghadapi

COVID-19