Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi

Reformasi Mekanisme Dana Alokasi Khusus (DAK) Untuk Mendorong Pertumbuhan dan Pemerataan Pembangunan di Indonesia

Author: Admin
Published: 09/10/2017

(Seri Kertas Kerja KOMPAK No.2)

Kajian ini diharapkan bermanfaat sebagai masukan bagi pemerintah (khususnya Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan/DJPK) dalam pembahasan lebih lanjut mengenai mekanisme DAK berbasis proposal (yang telah diterapkan tahun 2016) dengan kementerian terkait: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pekerjaan Umum, serta pembahasan dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). 

Sistematika penyusunan kertas kerja ini dibagi menjadi beberapa tahapan kajian, yaitu: tinjauan teoretis, perkembangan dan permasalahan kebijakan DAK (dana alokasi khusus) di Indonesia, DAK ke depan menurut “Grand Design Desentralisasi Fiskal”, DAK antara top-down dan bottom up, serta mekanisme DAK berdasarkan proposal daerah. Mekanisme DAK berbasis proposal ini merupakan kombinasi prinsip top-down dan bottom-up yang desainnya relatif sederhana dan ideal jika tahapan-tahapannya sesuai yang dijelaskan dalam naskah ini dan didukung teknologi informasi e-Proposal DAK. Penyusunan proposal oleh pemda adalah untuk menyesuaikan prioritas pembangunan bidang tersebut dengan kondisi dan kebutuhan daerah. 

Penyerapan DAK akan efektif dan efisien karena bidang/sub-bidang dan kegiatannya sesuai dengan yang diusulkan daerah. Begitu juga petunjuk teknis dari K/L relatif sama dalam jangka tiga tahun sehingga memudahkan daerah dalam menerapkan kerangka pengeluaran jangka menengah. 

Oleh karena itu, jika alokasi DAK berbasis proposal ini diterapkan sesuai prosedur operasi bakunya maka diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan juga dapat mengurangi ketimpangan pembangunan antardaerah jika pemerintah pusat memprioritaskan daerah-daerah yang infrastrukturnya kurang memadai.

171006_Working_Paper_DAK_Final.pdf
Unduh

Publikasi Lainnya

Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi
Laporan Kajian Pemetaan Potensi Indikator untuk Penyusunan Rencana Aksi Nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif 2020-2024

Kajian ini bertujuan untuk memetakan indikator-indikator yang lebih representatif, relevan dan sesuai dengan konteks yang ada di daerah. Kajian ini dilakukan melalui pendekatan stu...

Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi
Strategic yet delicate: the dilemma of involving health workers in facilitating birth registration in Indonesia

Proses registrasi kelahiran merupakan dasar bagi data populasi penduduk. Kajian sebelumnya telah memperlihatkan bahwa koordinasi antara sektor kesehatan dan pencatatan sipil dapat...

Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi
Universitas Membangun Desa (UMD) - Unpar: Membangun Basis Data Bagi Pembangunan Desa Melalui Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

Universitas Membangun Desa (UMD)-Unpar: Membangun Basis Data Bagi Pembangunan Desa Melalui Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

Menghadapi

COVID-19