Artikel Menghadapi Covid-19

Posko Aspirasi Untuk Transparansi

Author: Philip Hulcome, Paulus Enggal Laksono
Published: 13/06/2020

Anggota BPD Wanatirta, Jawa Tengah, tengah mendiskusikan saran dan tanggapan warga tentang distribusi BLT Dana Desa (Foto: KOMPAK).


Sejak 2019, KOMPAK dan SEKNAS FITRA telah mengujicoba mekanisme masukan dari masyarakat, yang dikenal sebagai 'Posko Aspirasi', di 33 desa. Uji coba di Desa Tangkil, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menunjukkan hasil menggembirakan.

“Kami menyiapkan dua kotak saran di tiap dusun kami yang berjumlah delapan dusun. Anggota BPD [Badan Permusyawaratan Desa] dan kepala dusun membagikan lembar saran dan mendorong warga memasukkan aspirasi dan keluhan mereka.

Lalu kami mengadakan ‘Pekan Aspirasi’, dimana BPD mengumpulkan saran dan masukan dari seluruh anggota masyarakat. Stelahnya, kita mengadakan pertemuan dengan pemerintah desa untuk mendiskusikan masukan dan komplain yang diterima dan mana yang menjadi prioritas,” terang Kasno, Kepala Desa Tangkil. Kasno memperkirakan sekitar 30-40 persen aspirasi warga akan dimasukkan dalam rencana dan anggaran desa.

Masyarakat juga mengakui adanya peningkatan dalam daya tanggap pemerintah desa. Dalam diskusi kelompok terarah dengan 22 warga, peserta diskusi memberikan gambaran tentang jenis-jenis proyek yang dilaksanakan Pemerintah Desa Tangkil. Seorang warga perempuan menyatakan, “Dulu sangat sulit memberikan masukan ke pemerintah desa. Tapi sekarang lebih mudah dan pemerintah desa pun lebih tanggap."

Di masa pandemi COVID-19, BPD tetap membuka ‘Posko Aspirasi’ untuk menampung tanggapan, masukan, keluhan dan saran dari masyarakat, terutama terkait dengan distribusi bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa. “Selain Posko Aspirasi, BPD juga memfasilitasi musyawarah desa untuk menetapkan penerima BLT Dana Desa dan memantau proses distribusinya,” jelas Kasno.

Artikel Menghadapi Covid-19
Menjangkau Kelompok Rentan di Desa Ngeru

Khaeruddin, Kepala Desa Ngeru, Kecamatan Moyohilir, Kabupaten Sumbawa sempat berpikir keras untuk memastikan warga penyandang disabilitas dapat mengakses layanan pendidikan dan kes...

Artikel Menghadapi Covid-19
Menyelaraskan Data Mewujudkan Kesejahteraan

Ponitri (78) warga Desa Condro, Kabupaten Lumajang sempat resah lantaran dirinya tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari Kementerian Sosial. Padahal perempuan yang tidak tama...

Artikel Menghadapi Covid-19
Mewujudkan Layanan Administrasi Kependudukan Berkelanjutan

Pada masa pandemi COVID-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan dengan dukungan KOMPAK meluncurkan layanan adminduk online melalui Sistem Informasi Kabupaten (SIKAB) guna memastik...

Menghadapi

COVID-19