Publikasi > Panduan Teknis dan Catatan Kebijakan

Panduan Pelaksanaan Rapat Koordinasi Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Kewenangan Desa (LABKD) Tingkat Kecamatan

Author: KOMPAK
Published: 24/11/2021

Rapat Koordinasi Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Kewenangan Desa (LABKD) Tingkat kecamatan adalah forum antar pemangku kepentingan tingkat kecamatan untuk memastikan efektifitas pelaksanaan LABKD dalam rangka percepatan kepemilikan dokumen kependudukan bagi seluruh masyarakat, termasuk kelompok miskin dan rentan.

Kecamatan memiliki kewenangan dalam hal fasilitasi percepatan pelayanan dokumen administrasi kependudukan di wilayahnya. Salah satu upaya percepatan tersebut adalah dengan mengadakan rapat kordinasi LABKD tingkat kecamatan yang melibatkan pemangku kepentingan, terutama dengan pemerintah desa yang memiliki kewenangan desa terkait dengan memastikan administrasi kependudukan dalam wilayah pemerintahan desa.

Unduh Pratinjau
2021_Panduan Rakorcam Tematik LABKD.pdf

Publikasi Lainnya

Publikasi > Panduan Teknis dan Catatan Kebijakan
Pedoman Teknis LABKD Nusa Tenggara Barat

Pedoman Teknis ini berisi konsep dan tahapan bagi pemerintah daerah (Pemda) di Nusa Tenggara Barat dalam mengimplementasikan Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Kewenangan D...

Publikasi > Panduan Teknis dan Catatan Kebijakan
Panduan Pemantauan dan Evaluasi Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Kewenangan Desa

Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa (LABKD) adalah fasilitasi layanan adminduk dengan menggunakan kewenangan yang dimiliki oleh Pemerintah Desa. Merujuk pada Pasal 19 Undang-...

Publikasi > Panduan Teknis dan Catatan Kebijakan
Panduan Perencanaan dan Penganggaran Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Kewenangan Desa

KOMPAK mendorong agar masyarakat desa bisa memiliki dokumen adminduk sehingga masyarakat desa bisa menikmati layanan publik dan menjadikan pemerintah desa bisa mewujudkan pelayanan...

Menghadapi

COVID-19