Cerita Perubahan

Menggunakan Data Desa untuk Pengentasan Kemiskinan dan Catatan Sipil

Author: Paulus Enggal
Published: 05/06/2020

Sejak 2016, KOMPAK mendukung Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, membangun sistem informasi desa (SID). KOMPAK mulanya hanya membantu penerapan SID di dua kecamatan. Berkat keberhasilan uji coba ini, pemerintah kabupaten kemudian mengembangkannnya ke semua desa di wilayahnya. Alhasil, seluruh desa di Pacitan kini memiliki sistem informasi desa yang sepenuhnya didanai pemerintah kabupaten.

Menurut Agus Hartanto, operator SID di Desa Bubakan, sistem ini telah terbukti menjadi alat efektif dalam memperkuat program pengurangan kemiskinan dan meningkatkan catatan sipil.

“SID menghasilkan data yang sangat membantu kami merencanakan program yang lebih inklusif. Misalnya, kami bisa menggunakan SID untuk mengetahui apakah seseorang termasuk dalam kategori dan apakah ia sudah memperoleh bantuan atau tidak. Data ini membantu kami mengidentifikasi orang-orang yang paling membutuhkan bantuan,” jelas Hartanto. “Setiap tahun, kami melakukan survei terhadap warga desa. Survei ini memberi informasi tentang status pernikahan; jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan; kepemilikan berbagai jenis dokumen, seperti akta kelahiran atau kartu keluarga; atau status kecacatan atau penyakit kronis tiap warga. Kami juga mengumpulkan informasi tentang kondisi rumahnya, apakah memiliki anak dan mereka bersekolah atau tidak, serta banyak lagi data lainnya.”

Pemerintah kabupaten bisa dan telah menggunakan semua informasi ini untuk mendorong agar  dampak pembangunan dirasakan bagi kelompok masyarakat paling miskin. Hal ini berkat kemampuan SID menyediakan data untuk membuat berbagai keputusan berdasarkan informasi diantaranya tentang di mana harus melakukan lebih banyak kunjungan penjangkauan untuk layanan identitas hukum, identifikasi populasi termiskin dan paling rentan untuk program perlindungan sosial, dan bagaimana menyasar anak-anak putus sekolah dengan lebih baik.

Sistem informasi desa adalah salah satu dari enam bidang prioritas KOMPAK. Selanjutnya KOMPAK akan berfokus untuk memastikan SID didanai, diperbarui secara berkala, dan digunakan secara efektif untuk meningkatkan perencanaan, penganggaran, dan kegiatan pembangunan.

Cerita Perubahan Lainnya

Cerita Perubahan
Aspirasi Masyarakat Sebagai Acuan Prioritas Desa

Sejak 2019, KOMPAK dan SEKNAS FITRA telah mengujicoba mekanisme masukan dari masyarakat, yang dikenal sebagai 'Posko Aspirasi', di 33 desa. Uji coba di Desa Tangkil, Kabupaten Tren...

Cerita Perubahan
Membantu Pemerintah Desa Merencanakan dan Menyelenggarakan Layanan Dasar

“Saya adalah salah seorang fasilitator PTPD. Kami memberikan dukungan ke desa-desa dalam mengembangkan dan mengevaluasi APB Desa [Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa] mereka. Kami...

Cerita Perubahan
Mengembalikan Senyum Di Bibir Inak Hafazah

Hafazah (50) tinggal bersama kedua buah hatinya, Artik dan Nur Asyiah di Desa Kalijaga Timur, Kabupaten Lombok Timur. Sehari-hari, Hafazah bekerja sebagai buruh tani dengan penghas...