Praktik Baik

Keperantaraan Pasar - Mendukung Upaya Percepatan Penurunan Kemiskinan dan Ketimpangan Melalui Pendekatan Kolaborasi


Published: 09/05/2019

“Awalnya kami kebingungan saat sudah bisa produksi tepung mocaf dengan hasilnya yang bagus, tapi penjualannya stuck di pasar. Tapi dengan bimbingan dan pelatihan yang dijalani sekarang sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk membantu meringankan keuangan keluarganya.”

Di wilayah pedesaan di Indonesia, sebagian besar penduduk miskin dan rentan miskin merupakan petani, memiliki usaha mikro dan kecil (UMK) atau keduanya. Meski demikian, UMK umumnya gagal tumbuh dan menghasilkan pendapatan yang cukup.

KOMPAK mengimplementasikan program Pengembangan Ekonomi Lokal yang diimplementasikan dengan fokus pada peningkatan produktivitas UMK. KOMPAK, bersama dengan pemerintah dan jejaring start-up melakukan uji coba pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan UMK to memasarkan dan menjual produk dan layanannya. Pendekatan “Keperantaraan Pasar” ini melibatkan pemerintah daerah, start-up, dan penerima manfaat – dalam hal ini UMK – dalam menilai peluang pasar bersama dan kemudian merancang opsi bisnis yang layak.


Wilayah:

Kabupaten Aceh Barat (Aceh), Pemalang dan Pekalongan (Jawa Tengah), Pacitan dan Trengggalek (Jawa Timur), Bantaeng (Sulawesi Selatan), dan Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat).


Dampak:

  • Pendekatan Keperantaraan Pasar telah diadopsi oleh Dinas Koperasi dan usaha Mikro Kabupaten Pacitan dalam program pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
  • Kelompok Boga Lestari mampu meningkatkan pendapatannya dari Rp64.000/bulan menjadi Rp7.200.000 setiap bulannya


Untuk informasi lebih lengkap tentang Keperantaraan Pasar, silahkan mengunduh dokumen-dokumen di bawah ini.

.

Keberhasilan Model Pembangunan - Ke.pdf
Unduh
Keperantaraan-Pasar-1.pdf
Unduh

Praktik Baik Lainnya

Praktik Baik
Ojek Kependudukan - Inovasi Layanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah

Inovasi percepatan layanan administrasi yang nyaman dan terpercaya dilakukan melalui media ojek dengan mendatangi langsung rumah penduduk.

Praktik Baik
Dana Insentif Desa (DINDA) Di Kabupaten Bima

Dana insentif Desa (DINDA) adalah model transfer fiskal berskala kabupaten yang ditujukan pada pemerintah desa. DINDA ditetapkan melalui Peraturan Bupati Nomor 41 Tahun 2017. Pemer...

Praktik Baik
SABER GEBUK (Sapu Bersih Entaskan Gizi Buruk dan Kurang)

SABER GEBUK (Sapu Bersih Entaskan Gizi Buruk dan Kurang) adalah gerakan para pemangku kepentingan di Kabupaten Lombok Utara untuk mengurangi angka gizi buruk dan gizi kurang serta...

Menghadapi

COVID-19