Artikel

JIPP: Media Pendorong Inovasi

Author: Admin
Published: 11/07/2018

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah melakukan soft launching Jaringan Informasi Pelayanan Publik (JIPP) pada tanggal 10 Juli 2018. JIPP dibentuk sebagai sarana penyebarluasan dan pembelajaran inovasi pelayanan publik yang dikembangkan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Tengah. Melalui JIPP diharapkan para penyedia layanan publik di Jawa Tengah dapat saling belajar dan bertukar informasi tentang praktik dan program inovatif yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Situs JIPP juga memungkinkan para pelayan publik dan masyarakat umum untuk berinteraksi langsung dengan pelaku di balik inovasi yang ditampilkan melalui email ataupun nomor telepon yang tercantum. Selain itu, lewat situs JIPP ini warga Jawa Tengah dapat menyampaikan keluhan atas pelayanan publik yang diterima. Keluhan pelayanan publik tersebut kemudian akan diteruskan ke Ombudsman Republik Indonesia (ORI) perwakilan Jawa Tengah untuk ditindaklanjuti.

Kegiatan soft launching ini dihadiri oleh seluruh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Tengah. Jaringan Informasi Pelayanan Publik ini merupakan hasil kemitraan Pemerintah Provinsi dengan Kementerian PAN-RB, didukung oleh Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK), perguruan tinggi dan organisasi masyarakat sipil di Jawa Tengah.

Soft launching tersebut sekaligus menandai dimulainya rangkaian kompetisi inovasi pelayanan publik Provinsi Jawa Tengah. Sampai hari ini, JIPP telah menerima 229 proposal inovasi. Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Ir. Diah Lukisari dalam sela-sela kegiatan soft launching mengatakan bahwa kompetisi inovasi adalah alat untuk mendorong perbaikan pelayanan publik di daerah, sementara JIPP merupakan media untuk mendokumentasikan inovasi sekaligus wadah pembelajaran antar daerah.

““Kita perlu mendorong setiap OPD dan Kabupaten/Kota untuk melahirkan gagasan inovasi pelayanan publik,” tambah Diah.

Rencananya JIPP akan resmi diluncurkan oleh Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP pada pagelaran Pesta Rakyat tanggal 18 Agustus 2018, bertempat di alun-alun Kabupaten Pemalang. Diharapkan kedepannya, provinsi Jawa Tengah akan dapat mendominasi kompetisi-kompetisi inovasi nasional seperti Top 99 Sinovik.

Artikel Aktivitas Lainnya

Artikel
Dokumen Kependudukan untuk Mengakses Layanan Pendidikan

Hasilnya, pada 2020, sebanyak 90 persen anak usia 0-18 tahun di Desa Muer sudah memiliki akta kelahiran dan KIA. Kepemilikan dokumen kependudukan ini memungkinkan mereka mengakses...

Artikel
Tiga Inovasi Dukungan KOMPAK Raih Sinovik 2021

Tiga inovasi yang didukung KOMPAK, berhasi memenangkan penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik 2021 dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Nasional (SINOVIK) 2021 yang...

Artikel
Mendorong Inovasi guna Mewujudkan Pembangunan yang Inklusif

Kasmiati (62) akhirnya bisa tersenyum setelah dirinya terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) serta penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial....

Menghadapi

COVID-19