Artikel Menghadapi Covid-19

Desa Plampang, NTB Siaga COVID-19 Dengan Realokasi APB Desa Tepat Waktu

Author: Muhammad Ikraman, Meita Annissa
Published: 05/08/2020

Desa Plampang menjadi satu dari 11 desa di Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang berhasil menyalurkan Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-Dana Desa), hingga tahap ketiga bagi seluruh 150 Kepala Keluarga (KK) miskin dan rentan yang terdampak COVID-19. “Keberhasilan ini berkat keterlibatan masyarakat dalam pendataan dan proses verifikasi keluarga yang berhak menerima bantuan ini,” ujar Jufrianto, Kepala Desa Plampang.

Pemerintah desa juga mampu mengalokasikan anggaran untuk membeli masker dan termometer, melakukan penyemprotan disinfektan serta mengawasi mobilitas warga dan pendatang untuk mencegah penyebaran COVID-19. “Semua bisa kita lakukan, karena kami berhasil melakukan realokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) tepat waktu,” tambah Jurfrianto.

Perubahan APB Desa ini dimungkinkan setelah Pemerintah Kabupaten Sumbawa, menerbitkan Panduan Teknis Fasilitasi Perubahan APB Desa untuk Menanggulangi Dampak Virus Corona. Panduan ini berisi kompilasi kebijakan nasional serta daerah dan dilengkapi dengan contoh Surat Keputusan Kepala Desa, Surat Keputusan Penggunaan Anggaran Desa dan Peraturan Desa tentang Perubahan Anggaran Desa serta Surat Keputusan tentang Pembentukan Gugus Tugas COVID-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa Varian Bintoro mengatakan, panduan teknis ini disusun sebagai pegangan bagi kecamatan, Pembina Teknis Pemerintahan Desa (PTPD), pemerintah desa, dan pendamping desa dalam memfasilitasi perubahan APB Desa. “Mengubah APB Desa dengan cepat menjadi tugas berat desa. Apalagi kemampuan sumber daya manusia juga sangat terbatas,” ujarnya.

KOMPAK mendukung penerbitan buku panduan ini dengan membantu menyiapkan konsep langkah-langkah perubahan APB Desa yang responsif COVID-19, sesuai aturan yang berlaku baik dari Kementerian Dalam Negeri maupun Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. DPMD Kabupaten Sumbawa kemudian mendistribusikan panduan ini melalui jalur pemerintah kecamatan (PTPD), pendamping desa dan Forum Komunikasi Kepala Desa (FK2D) untuk mempercepat perubahan APB Desa.

Di samping itu, KOMPAK membantu tim kecamatan melakukan pembinaan dan pengawasan daring (online) bagi desa-desa yang melakukan perubahan APB Desa. Pendampingan ini dilakukan pada minggu pertama April 2020. “KOMPAK membantu kami menyusun langkah-langkah teknis fasilitasi untuk membimbing pemerintah desa melakukan perubahan APB Desa-nya,” jelas Varian.

Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan Desa DPMD Kabupaten Sumbawa Ibrahim menambahkan, buku panduan ini menjadi landasan dalam melakukan perubahan APB Desa terutama penyesuaian anggaran untuk kebutuhan penanganan COVID-19, termasuk penganggaran BLT-Dana Desa dan implementasinya dalam aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Sampai Juni 2020, seluruh 157 desa di Kabupaten Sumbawa telah melakukan realokasi dan refocusing APB Desa sebagai kesiapan menghadapi dampak COVID-19 dengan total anggaran mencapai sekitar Rp39,8 miliar. Dari total anggaran tersebut, sebesar Rp37 miliar  digunakan untuk BLT-Dana Desa bagi 20.596 KK miskin atau yang terdampak pandemik COVID-19.  Sementara sisanya, sekitar Rp2,8 miliar digunakan untuk penguatan/pembentukan lembaga gugus tugas desa, pembelian perlengkapan protokol kesehatan, sosialisasi, penyemprotan disinfektan serta pemberian bantuan bagi ODP (Orang Dalam Pengawasan) yang melakukan isolasi mandiri di desa.

Artikel Menghadapi Covid-19
Memastikan Layanan Adminduk Berjalan di Desa Bayan

Pemerintah Desa Bayan telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-Dana Desa) tahap ketiga bagi 435 keluarga yang terdampak COVID-19 pada awal Juli 2020. Menurut Kepala...

Artikel Menghadapi Covid-19
Memastikan Keberlangsungan Layanan Administrasi Kependudukan di Masa Pandemi

Sejak April 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinas Dukcapil) Kabupaten Lombok Utara menyelenggarakan layanan administrasi kependudukan (adminduk) online untuk memudah...

Artikel Menghadapi Covid-19
Data yang Akurat Mewujudkan Desa Berdaulat

Sadia* (69) tersenyum sembari mengucap syukur kala menerima amplop putih berisi uang senilai Rp600.000. Tangannya yang renta membubuhkan cap jempol pada daftar penerima Bantuan Lan...

Menghadapi

COVID-19