Profil

Asa Didin Bagi Mereka yang Miskin

Author: Nur Jannah
Published: 19/10/2021

Saya Didin, Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya BAPPEDA Litbang Kabupaten Pekalongan. Jabatan ini memposisikan saya sebagai anggota perumus Laboratorium Kemiskinan, sebuah inovasi penanggulangan kemiskinan lintas sektor untuk membantu 47.000 keluarga miskin di kabupaten ini.

Sejatinya, Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan sendiri sudah mengalokasikan  anggaran, rata-rata sekitar Rp230 miliar per tahun untuk program-program penanggulangan kemiskinan selama kurun waktu 2012 – 2016. Namun, angka kemiskinan belum juga bergerak turun secara signifikan. Hal ini terjadi karena masih banyak program penanggulangan kemiskinan yang tidak berbasis data.

Hal ini mendorong kami  memanfaatkan Sistem Perencanaan, Penganggaran, Analisis dan Evaluasi Kemiskinan Terpadu (SEPAKAT) yang dikembangkan oleh BAPPENAS bersama KOMPAK dan Bank Dunia untuk mendukung inovasi Laboratorium Kemiskinan. SEPAKAT memudahkan kami menyusun program penanggulangan kemiskinan berbasis data dan analisis yang akurat. Program-program tersebut antara lain pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas lingkungan dan prasarana rumah tinggal warga miskin dan pengembangan ekonomi lokal.

Pada awal 2019, kami melakukan ujicoba inovasi Laboratorium Kemiskinan di Desa Botosari, Kertijayan, dan Mulyorejo. Setelah berjalan selama kurang lebih dua tahun, kami mendapatkan hasil yang cukup membanggakan. Diantaranya berkurangnya Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebesar 75%, meningkatnya akses rumah tangga miskin ke air bersih sebesar 82%, penambahan jamban sebesar 23% serta peningkatan jumlah penduduk dengan penyakit kronis yang tertangani melalui pendekatan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) sebesar 69%. Selain itu, kami mampu mengurangi angka anak tidak sekolah sebesar 6% melalui Gerakan KUDU Sekolah.

Saat ini, dua dari tiga desa uji coba telah berhasil keluar dari kategori desa merah (desa dengan tingkat kemiskinan parah). Kami membagikan keberhasilan ini melalui berbagai forum berbagi praktik baik di tingkat nasional maupun internasional. Keberhasilan ini mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan mereplikasi Laboratorium Kemiskinan di enam desa/kelurahan.

Profil
Rukmini Mewujudkan Mimpi

Anak-anak yang pergi melaut umumnya malu kembali ke sekolah karena merasa telah tertinggal pelajaran. Saat itu, sebagian guru masih beranggapan, belajar hanya bisa dilakukan di...

Profil
Manfaatkan Momentum dan Libatkan Semua

Muhammad, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Rarang Selatan, Kabupaten Lombok Timur

Profil
Hikmah dari Seorang Nikmah

Nikmah, Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Menghadapi

COVID-19