Penguatan Administrasi Kependudukan dan Statistik Hayati (PASH)

Administrasi kependudukan adalah hal yang terpenting yang menjadi bagian dari catatan berbagai peristiwa dalam kehidupan setiap individu. Catatan tersebut menghadirkan dokumentasi resmi yang dibutuhkan tiap individu untuk membangun identitas hukumnya, dan dalam banyak kasus diperlukan untuk mengakses layanan penting seperti kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial.

Data-data penting yang didapat dari layanan administrasi kependudukan yang efektif memungkinkan tersedianya data perkiraan populasi, serta statistik demografi dan kesehatan yang diproduksi secara tepat waktu dan akurat. Hal ini berkontribusi pada perencanaan yang efektif, alokasi sumber daya yang efisien serta monitoring dan evaluasi yang akurat.

KOMPAK memberikan dukungan besar kepada pemerintah di tingkat pusat dan daerah untuk memperkuat layanan administrasi kependudukan mereka. KOMPAK memprioritaskan hasil utama di tiga area, yaitu:

  • Memperkuat kebijakan, hukum dan regulasi administrasi kependudukan dan statistik hayati di tingkat nasional;
  • Memperkuat sistem informasi, kebijakan dan perencanaan administrasi kependudukan dan statistik hayati di tingkat kabupaten; dan
  • Memperkuat inisiatif administrasi kependudukan dan statistik hayati di tingkat kecamatan dan desa.

Keberhasilan KOMPAK pada 2022

Pemerintah daerah dan unit-unit layanan meningkatkan kualitas dan akses terhadap layanan administrasi kependudukan dan statistik hayati.

Artikel

Profil: Kita Harus Belajar dari Pengalaman

profil-kita-harus-belajar-dari-pengalaman

Hidup adalah amanah untuk membantu orang lain menjadi lebih baik. Bekerja sebagai aparat pemerintah menurut saya dapat menjadi salah satu cara untuk mewujudkan amanah tersebut.

of
8
Praktik Baik
Ojek Kependudukan - Inovasi Layanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah
06/06/2019 ojek-kependudukan-inovasi-layanan-administrasi-kependudukan-di-kecamatan-petungkriyono-kabupaten-pekalongan-jawa-tengah
of
2
Cerita Perubahan
Dokumen Kependudukan Untuk Mengurangi Tingkat Kemiskinan
17/10/2019 dokumen-kependudukan-untuk-mengurangi-tingkat-kemiskinan
of
6