Pengembangan Ekonomi Lokal

Meningkatkan perekonomian rumah tangga masyarakat miskin dan hampir miskin sangat penting bagi upaya pengurangan kemiskinan di Indonesia. Di kawasan pedesaan, sebagian besar masyarakat miskin dan hampir miskin bekerja di bidang pertanian atau usaha mikro dan kecil (UMK), atau keduanya. Oleh karena itu, meningkatkan produktivitas UMK sangat penting untuk menaikkan perekonomian masyarakat miskin – area inti dari kerja KOMPAK untuk mendukung pembangunan ekonomi lokal.

Sejak 2017, KOMPAK telah bermitra dengan pemerintah, start-up dan pengusaha lokal – dalam hal ini UMK – dalam menguji coba pendekatan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memasarkan dan menjual produk serta layanan mereka. Pendekatan ‘Keperantaraan Pasar’ ini membantu UMK untuk menilai peluang pasar dan kemudian merancang opsi bisnis yang tepat.

KOMPAK juga bekerja sama dengan Bappenas dalam mengintegrasikan pelajaran yang ada dari uji coba ini untuk memperkuat komponen-komponen pengembangan ekonomi lokal di Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN 2020-2024).

Keberhasilan KOMPAK pada 2022

Peningkatan jumlah UMKM terutama yang melibatkan masyarakat miskin dan rentan.

Artikel

Forum Keperantaraan: Menuju Kemiskinan Satu Digit

forum-keperantaraan-menuju-kemiskinan-satu-digit

Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai upaya telah dilakukan untuk menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia menjadi satu digit. Diantaranya melalui upaya dengan menciptakan sinergi antara program-program kemiskinan, memberikan jaminan sosial secara merata kepada seluruh masyarakat, menyalurkan bantuan sosial dengan selektif kepada yang membutuhkan, pemberdayaan ekonomi, memberikan kewenangan dan dukungan pembiayaan yang besar ke tingkat desa, dan langkah-langkah strategis lain yang bertujuan untuk menekan tingkat kemiskinan hingga serendah mungkin.

of
7
Praktik Baik
Keperantaraan Pasar - Mendukung Upaya Percepatan Penurunan Kemiskinan dan Ketimpangan Melalui Pendekatan Kolaborasi
09/05/2019 keperantaraan-pasar-mendukung-upaya-percepatan-penurunan-kemiskinan-dan-ketimpangan-melalui-pendekatan-kolaborasi
of
1
Cerita Perubahan
Universitas Membangun Desa (UMD) KOMPAK Mengantar Desa Menuju Kemandirian
01/05/2018 universitas-membangun-desa-umd-kompak-mengantar-desa-menuju-kemandirian
of
1
Kajian Awal Pelaksanaan Program e-Warong Kube-PKH
02/03/2017 kajian-awal-pelaksanaan-program-e-warong-kube-pkh
of
1
Village Development Planning - KOMPAK

of
1