Desentralisasi Fiskal & Pengelolaan Keuangan Publik

KOMPAK memberikan bantuan teknis dalam pengelolaan keuangan publik untuk membantu pemerintah di tingkat nasional dalam mengalokasikan pendanaan untuk pemerintah daerah, serta untuk membantu pemerintah daerah meningkatkan alokasi pendanaan dan meningkatkan kualitas belanja untuk layanan dasar. Dalam mendukung pemerintah daerah, KOMPAK memprioritaskan hasil utama di tiga area, yaitu:

  • Memperkuat pengelolaan keuangan publik di tingkat kecamatan;
  • Meningkatkan kebijakan dan mekanisme alokasi pendanaan nasional yang mendukung penyediaan layanan dasar di tingkat sub-nasional; dan
  • Memperkuat penggunaan Dana Alokasi Khusus.


KOMPAK memiliki keahlian dalam bekerja di berbagai tingkat pemerintahan dan mengambil pelajaran untuk meningkatkan kebijakan dan mekanisme pendanaan nasional. Hal ini ditunjukkan lewat inisiatif untuk memperkuat alokasi pendanaan berbasis kinerja dimana KOMPAK bekerja sama dengan mitra pemerintah untuk memperbaiki indikator-indikator dan menguji berbagai pendekatan di tingkat desa dan kecamatan.

KOMPAK juga menguji coba instrumen perencanaan dan penganggaran keuangan untuk menyederhanakan dan mengkonsolidasikan proses serta memperkuat instrumen analisa yang tersedia untuk para perencana dan pembuat keputusan.

Untuk daerah otonomi khusus, yang memiliki kebutuhan pembangunan yang besar, KOMPAK memberikan dukungan melalui evaluasi, implementasi rekomendasi yang sesuai, serta mendukung uji coba program perlindungan sosial baru yang dikenal dengan nama BANGGA Papua (Bangun Generasi dan Keluarga Papua Sejahtera). Inisiatif yang didukung KOMPAK ini berpotensi untuk membantu pemerintah tingkat daerah di seluruh Indonesia dengan memastikan dana yang terbatas dialokasikan secara efektif untuk mereka yang paling membutuhkan.

Keberhasilan KOMPAK pada 2022

Pemerintah daerah meningkatkan alokasi dan kualitas belanja untuk meningkatkan kualitas dan akses terhadap layanan dasar.

Artikel

Pemerintah Aceh Luncurkan Aplikasi E-Planning dan E-Budgeting Terintegrasi

pemerintah-aceh-luncurkan-aplikasi-e-planning-dan-e-budgeting-terintegrasi

Setelah melalui rangkaian uji coba dan sosialisasi kepada seluruh Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA), Pemerintah Provinsi Aceh meluncurkan aplikasi e-planning dan e-budgeting terintegrasi untuk perencanaan dan pengganggaran daerah.

of
7
Reformasi Mekanisme Dana Alokasi Khusus (DAK) Untuk Mendorong Pertumbuhan dan Pemerataan Pembangunan di Indonesia
09/10/2017 reformasi-mekanisme-dana-alokasi-khusus-dak-untuk-mendorong-pertumbuhan-dan-pemerataan-pembangunan-di-indonesia
of
2
Peran Perguruan Tinggi dalam Mengawal Penerapan SEPAKAT untuk Peningkatan Efektivitas Penurunan Kemiskinan di Daerah
10/01/2018 seri-kertas-kerja-kompak-nomor-4-peran-perguruan-tinggi-dalam-mengawal-penerapan-sepakat-untuk-peningkatan-efektivitas-penurunan-kemiskinan-di-daerah
of
5
Village Finance Management - KOMPAK

of
1