Desentralisasi Fiskal & Pengelolaan Keuangan Publik

KOMPAK memberikan bantuan teknis dalam pengelolaan keuangan publik untuk membantu pemerintah di tingkat nasional dalam mengalokasikan pendanaan untuk pemerintah daerah, serta untuk membantu pemerintah daerah meningkatkan alokasi pendanaan dan meningkatkan kualitas belanja untuk layanan dasar. Dalam mendukung pemerintah daerah, KOMPAK memprioritaskan hasil utama di tiga area, yaitu:

  • Memperkuat pengelolaan keuangan publik di tingkat kecamatan;
  • Meningkatkan kebijakan dan mekanisme alokasi pendanaan nasional yang mendukung penyediaan layanan dasar di tingkat sub-nasional; dan
  • Memperkuat penggunaan Dana Alokasi Khusus.


KOMPAK memiliki keahlian dalam bekerja di berbagai tingkat pemerintahan dan mengambil pelajaran untuk meningkatkan kebijakan dan mekanisme pendanaan nasional. Hal ini ditunjukkan lewat inisiatif untuk memperkuat alokasi pendanaan berbasis kinerja dimana KOMPAK bekerja sama dengan mitra pemerintah untuk memperbaiki indikator-indikator dan menguji berbagai pendekatan di tingkat desa dan kecamatan.

KOMPAK juga menguji coba instrumen perencanaan dan penganggaran keuangan untuk menyederhanakan dan mengkonsolidasikan proses serta memperkuat instrumen analisa yang tersedia untuk para perencana dan pembuat keputusan.

Untuk daerah otonomi khusus, yang memiliki kebutuhan pembangunan yang besar, KOMPAK memberikan dukungan melalui evaluasi, implementasi rekomendasi yang sesuai, serta mendukung uji coba program perlindungan sosial baru yang dikenal dengan nama BANGGA Papua (Bangun Generasi dan Keluarga Papua Sejahtera). Inisiatif yang didukung KOMPAK ini berpotensi untuk membantu pemerintah tingkat daerah di seluruh Indonesia dengan memastikan dana yang terbatas dialokasikan secara efektif untuk mereka yang paling membutuhkan.

Keberhasilan KOMPAK pada 2022

Pemerintah daerah meningkatkan alokasi dan kualitas belanja untuk meningkatkan kualitas dan akses terhadap layanan dasar.

Artikel

Tiga Inovasi Dukungan KOMPAK Raih Sinovik 2021

tiga-inovasi-yang-didukung-kompak-raih-sinovic-2021

Tiga inovasi yang didukung KOMPAK, berhasi memenangkan penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik 2021 dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Nasional (SINOVIK) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

of
9
Cerita Perubahan
Jurus Jitu Kabupaten Pekalongan Tekan Kemiskinan
16/09/2021 jurus-jitu-kabupaten-pekalongan-tekan-kemiskinan
of
2
Opsi Keberlanjutan Dana Otonomi Khusus 2022–2041: Menuju Tanah Papua yang Sejahtera dan Mandiri
15/09/2021 opsi-keberlanjutan-dana-otonomi-khusus-20222041-menuju-tanah-papua-yang-sejahtera-dan-mandiri
of
5
Analisis Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa sebagai Landasan Perbaikan Kebijakan Keuangan Desa
19/05/2021 analisis-anggaran-pendapatan-dan-belanja-desa-sebagai-landasan-perbaikan-kebijakan-keuangan-desa
of
7
Penyusunan Proposal DAK Fisik: Pembelajaran dari Kabupaten Sumbawa

of
9

Menghadapi

COVID-19