Tentang Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki populasi 4,7 juta dan terletak di sebelah timur Bali. Gempa bumi tahun 2018 mengakibatkan kerusakan infrastruktur, ekonomi, dan sosial yang parah, dan merenggut lebih dari 500 nyawa. Kabupaten Lombok Utara adalah yang paling parah terkena dampaknya dengan rusaknya hampir 90% infrastruktur.

Tingkat kemiskinan di NTB adalah 15%, dengan beberapa variasi regional yang luas (BPS, 2018). Lombok Utara memiliki tingkat kemiskinan tertinggi yaitu 32%, sedangkan kabupaten wilayah kerja KOMPAK lainnya memiliki tingkat kemiskinan di bawah 20%.


KOMPAK di Nusa Tenggara Barat

Sejak 2016, KOMPAK bermitra dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan empat kabupaten: Lombok Utara, Lombok Timur, Bima, dan Sumbawa.

Dukungan KOMPAK untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat dari 2019 hingga 2022 berfokus pada penguatan tata kelola kecamatan dan desa, pengelolaan keuangan publik, penguatan administrasi kependudukan dan statistik hayati, layanan pendidikan dasar, dan pengembangan ekonomi lokal. KOMPAK juga mendukung pemerintah kabupaten dan provinsi untuk mengimplementasikan Strategi Nasional Pencegahan Stunting.

Dukungan KOMPAK di Provinsi Nusa Tenggara Barat antara lain:

  • Mengimplementasikan strategi Kementerian Dalam Negeri untuk Penguatan Kapasitas Aparatur Desa (PKAD), khususnya melalui pembentukan Pembina Teknis Pemerintahan Desa (PTPD) di tingkat kecamatan untuk mendukung tata kelola pemerintahan desa.

  • Memberi kontribusi terhadap penguatan administrasi kependudukan dan statistik hayati, seperti mendorong desa untuk mendanai, melibatkan dan melatih petugas registrasi kependudukan. KOMPAK juga mendukung Bappenas untuk mengembangkan pedoman nasional penyediaan layanan Penguatan Administrasi Kependudukan dan Statistik Hayati (PASH) dalam situasi pasca bencana berdasarkan pelajaran dari respons terhadap gempa bumi di Lombok tahun 2018.

  • Menguji cobakan pendekatan keperantaraan pasar di mana para produsen kopi, rumput laut, dan produk lokal lainnya didukung untuk membentuk kelompok usaha, mengembangkan kemitraan dengan pengusaha setempat, dan mendapatkan akses ke pasar di tingkat nasional.

  • Mendukung Akademi Paradigta dalam melatih dan membimbing perempuan untuk mengambil peran lebih aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, Badan Permusyawaratan Desa dan kegiatan kelompok perempuan

  • Memperluas cakupan dan penggunaan sistem informasi desa dan dashboard kecamatan sehingga desa dapat merencanakan dan memprioritaskan layanan dengan lebih baik.

RENCANA KERJA TAHUN JAMAK NUSA TENGGARA BARAT
Artikel
Kabupaten Lombok Utara Raih Pangripta Nasional Terbaik Kedua Se-Indonesia

Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) berhasil meraih Penghargaan Pembangunan Daerah bertajuk Anugerah Pangripta Nasional (APN). KLU meraih predikat ke-2 nasional untuk Perencanaan dan Pencapaian Terbaik dari 416 kabupaten se-Indonesia. Salah satu kabupaten dukungan KOMPAK ini menerima penghargaan berdasarkan pada tiga indikator yaitu perencanaan, pencapaian dan inovasi yang dilakukan pemerintah daerah yang selaras dengan visi kepemimpinan.

Artikel
Mendekatkan Pelayanan Dasar Kepada Masyarakat Lombok Timur Melalui Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati Kepada Camat

Bagi sebagian masyarakat di pelosok Lombok Timur, masalah administrasi sederhana bisa menjadi pengalaman yang menyakitkan. Zaenal Abidin, seorang warga desa Dasan Baru, Desa Sugian, Kecamatan Sambalia mengenang ketika ia harus menempuh perjalanan jauh selama tiga hari secara bergantian dari desanya ke ibukota Lombok Timur.

Artikel
TRATA: Edukasi Pencegahan Korupsi Yang Mudah, Praktis dan Menyenangkan

Meningkatnya alokasi Dana Desa dari pemerintah sudah seharusnya diikuti dengan sistem tata kelola desa yang baik.

Cerita Perubahan
Layanan Hak Administrasi Kependudukan Darurat Pasca Gempa

Layanan administrasi kependudukan adalah hak setiap warga negara. Surat-surat identitas hukum yang jelas membukakan akses masyarakat terhadap hak-hak sebagai warga negara baik dalam hal sandang, pangan maupun papan.

Cerita Perubahan
Kolaborasi Mewujudkan Pelayanan Dasar Berkualitas Bagi Masyarakat Pesisir Dan Pedalaman

Pemerintah Australia melalui program KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) bermitra dengan Pemerintah Indonesia dalam mendukung program pengentasan kemiskinan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019.

Cerita Perubahan
Identitas Hukum, Kunci Pengentasan Kemiskinan Melalui Akses Layanan Dasar

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) telah meluncurkan kajian, ’Menemukan, Mencatat, Melayan: Kelahiran dan Kematian di Indonesia.’ Kegiatan ini memberikan sosialisasi atas temuan dan rencana program untuk melembagakan identitas hukum dan sistem CRVS untuk layanan dasar.

Publikasi > Laporan Kegiatan
Laporan Kemajuan Enam Bulan KOMPAK Januari-Juni 2019

KOMPAK memasuki fase kedua sejak Januari 2019. Dalam fase ini, KOMPAK melanjutkan pencapaian dan model-model baik yang diujicobakan sejak 2015. Laporan ini menguraikan kemajuan KOMPAK dari Januari hingga Juni 2019, serta menyoroti tantangan-tantangan utama dan fokus kegiatan terkait implementasi dan serah terima kegiatan hingga 2022.