KOMPAK bekerja untuk membantu kelompok masyarakat miskin dan rentan mendapatkan manfaat dari peningkatan penyelenggaraan layanan dasar dan kesempatan ekonomi


KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) adalah facility yang didanai oleh Pemerintah Australia untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam mencapai target mengurangi tingkat kemiskinan dan mengatasi kesenjangan. KOMPAK memulai kegiatannya pada bulan Januari 2015 dengan fase pertama yang berjalan hingga bulan Juni 2018. DFAT menyetujui fase lanjutan KOMPAK untuk periode 2019 hingga 2022. KOMPAK akan beroperasi hingga 30 Juni 2022 dengan total komitmen hingga A$178 juta.

Kami berkomitmen untuk bekerja di tiap tingkat pemerintahan untuk mencari solusi dalam rangka menjawab berbagai tantangan utama yang dihadapi dalam penyediaan layanan dasar dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Tim ahli kami tersebar di tujuh provinsi dan kementerian di tingkat nasional, dimana kami mengidentifikasi tantangan, melakukan uji coba dan mengetes pendekatan inovatif, serta memberikan saran ahli, hasil studi dan dukungan kepada mitra pemerintah dalam membuat arahan, membangun kapasitas dan mendukung implementasi untuk hasil yang berkelanjutan.

KOMPAK bekerja dengan tujuan untuk membantu masyarakat miskin dan rentan menerima manfaat dari peningkatan penyediaan layanan dasar dan kesempatan ekonomi. Untuk mencapainya, kami mendukung berbagai inisiatif yang akan meningkatkan kapasitas pemerintah – di tingkat nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa – dalam mengelola dan menghadirkan layanan dasar terkait administrasi kependudukan, kesehatan dan pendidikan serta menciptakan lingkungan yang mendorong pengembangan ekonomi lokal. Selain itu, kami juga mendorong perencanaan dan koordinasi pembangunan yang kuat, pemerintah daerah yang inklusif dan efektif serta sistem pengelolaan keuangan publik yang berorientasi kinerja dan efisien.

Area Tematis

Mitra KOMPAK

BAPPENAS
KEMENKEU
KEMENDAGRI
KEMENDESA PDTT
SEKNAS FITRA
PEKKA
LPA NTB
BAKTI
PUSKAPA
BAPPENAS
KEMENKEU
KEMENDAGRI
KEMENDESA PDTT
SEKNAS FITRA
PEKKA
LPA NTB
BAKTI
PUSKAPA

Wilayah Kerja