Arti Citizenship Adalah? Begini Penjelasan Artinya

candra September 22, 2023

Kompak.or.id – Hai sobat gaul! Udah pada tahu belum nih apa sih arti dari “citizenship” itu? Nah, kali ini gue bakal kasih penjelasan artinya yang simpel dan kekinian. Jadi, simak baik-baik ya!

Buat masuk jadi warga negara suatu negara, biasanya ada prosedur tertentu yang harus ikuti. Misalnya, tes kewarganegaraan atau pemenuhan syarat-syarat tertentu. Tapi setiap negara punya aturan yang beda-beda, jadi pastiin cari tahu dulu gimana caranya di negara tempat berada.

Apa Itu Arti Citizenship? Ini Artinya

Jadi, “citizenship” itu sebenernya artinya adalah “kewarganegaraan”. Iya, bener-bener jadi warga negara suatu negara gitu. Gak cuma jadi warganya aja, tapi juga punya hak dan kewajiban yang harus dijalankan. Gue mau cerita sedikit soal arti citizenship ini, biar makin paham.

Pertama-tama, jadi warga negara itu nggak cuma sekadar dapetin passport atau KTP aja. Lebih dari itu, punya hak untuk mendapatkan perlindungan dari negara itu sendiri. Kayak hak untuk bekerja, berpendidikan, atau bahkan dapet perlindungan hukum. Gue yakin pada sering denger kan soal hak asasi manusia? Nah, citizenship ini berhubungan juga dengan hak-hak itu.

Kedua, juga punya kewajiban sebagai warga negara. Misalnya, ngejaga ketertiban umum, mentaati hukum, dan ikut serta dalam proses demokrasi. Yap, warga negara yang baik itu nggak cuma nuntut hak, tapi juga mau ikut bertanggung jawab dalam negara yang dia tinggali.

Nggak cuma itu, ada juga istilah dual citizenship. Artinya, bisa jadi warga negara lebih dari satu. Nah, ini kebanyakan karena adanya perbedaan aturan di negara-negara yang bersangkutan. Jadi, bisa punya passport dan hak-hak dari dua negara sekaligus. Kayak jadi warga negara Indonesia dan Amerika Serikat misalnya.

Penutup

Pokoknya, arti citizenship ini bisa dibilang penting banget buat yang mau hidup di suatu negara. jadi punya hak dan kewajiban yang harus dijalanin sebagai warganya. Kewarganegaraan itu seperti status di negara itu, jadi pastiin jadi warga yang baik ya!

Nah, gitu deh penjelasan arti dari citizenship versi bahasa gaulnya. Semoga pada paham ya! Ingat, jadi warga negara yang baik itu penting, ya guys!

Candra Bira

Nama gw cadra, seorang penulis teknologi yang ngefans banget sama semua gadget dan teknologi canggih. Gw suka banget eksplorasi teknologi terbaru dan gw bakal bagiin informasi menarik tentang teknologi yang lagi hits!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait