KOMPAK GELAR KEGIATAN PENGEMBANGAN KAPASITAS TIM PENGELOLA KLINIK GAMPONG DI KECAMATAN SIMPANG MAMPLAM

Publish By kabarbireuen.com | Nov 09, 2017

Berita

Program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan (KOMPAK) mendukung penguatan kapasitas Tim Klinik Gampong Kecamatan Simpang Mamplam melalui kegiatan Pengembangan Kapasitas Tim Pengelola Klinik Gampong.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pengembangan kapasitas aparatur gampong yang bersifat menyeluruh, responsif, sinergis, efektif dan efisien serta berkelanjutan di Kecamatan Simpang Mamplam, dibuka Camat Simpang Mamplam, Erry Seprinaldi, SSTP, S.Sos, M.Si, di Kantor Camat setempat, berlangsung selama empat hari, mulai 6--9 November 2017.

Diikuti tim teknis klinik gampong terdiri dari staf Kecamatan, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa kecamatan setempat.

Camat Simpang Mamplam, Erry Seprinaldi, SSTP, S.Sos, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu terobosan inovatif guna mendekatkan pelayanan dengan masyarakat, menyediakan sumberdaya yang mampuni.

Sehingga mampu untuk mendorong penguatan kapasitas aparatur Gampong yang lebih baik.

Erry menambahkan, melalui kegiatan seperti ini, diharapkan kedepannya tim teknis klinik gampong akan mampu mendorong terbangunnya proses Pemberdayaan Mandiri Aparut Desa di tingkat Gampong.

Paska kegiatan, tim teknis klinik Gampong diharapkan telah memahami konsep dasar terkait mekanisme dan operasionalisasi klinik, mampu memfasilitasi materi konsep perencanaan pembangunan desa.

Penyusunan RKPG/RKPG berbasis pelayanan dasar dan konsep perencanaan keuangan desa, serta mampu memfasilitasi pembelajaran mandiri aparatur desa (PbMAD) ditingkat Gampong.

Tim teknis klinik gampong juga akan kembali menyusun serta menyepakati alur, metodelogi dan peran para pihak dalam menjalankan klinik gampong di Kecamatan Simpang Mamplam.

Kegiatan tehnical meeting klinik Gampong ini difasilitasi oleh empat orang narasumber, diantaranya Mahyaruddin sebagai Tenaga Ahli PKAD Bina Pemdes Kemendagri, Erri Seprinaldi, SSTP, S.Sos, M.Si selaku Camat Kecamatan Simpang Mamplam.

Lalu Hamdiana, M.Keb Kepala Seksi Bina Kelola Keuangan Kemukiman dan Gampong pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bireuen, dan Sudarman Alkatiri Puteh selaku Program koordinator KOMPAK Provinsi Aceh.

Pada kesempatan itu para peserta mengikuti sesi penyusunan Rencana Tindak Lanjut untuk pelaksanaan operasionalisasi klinik desa serta rencana pembelajaran mandiri aparatur desa (PbMAD).

KOMPAK merupakan kemitraan antara Pemerintah Australia dan Indonesia dalam mendukung  program pengentasan kemiskinan Pemerintah Indonesia yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Tahap pertama KOMPAK adalah untuk periode tahun 2015-2018. Kemitraan ini merupakan sebuah kelanjutan dari kerjasama kedua negara yang telah berjalan beberapa dekade untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia melalui peningkatan tata kelola, pelayanan dasar dan penciptaan lapangan kerja bagi 40 persen masyarakat termiskin.

Kemitraan ini dilaksanakan melalui lima kementerian/lembaga yaitu Bappenas, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa, Daerah Terpencil dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Daerah kerja KOMPAK saat ini terfokus di tujuh provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Aceh, Papua dan Papua Barat.

Kerangka kerja KOMPAK dibangun dalam tiga capaian utama, pelayanan dasar dalam bidang kesehatan, pendidikan serta identitas hukum yang responsif dan akuntabel.

Selanjutnya, pembangunan desa inklusif, dipimpin oleh masyarakat dengan tata kelola yang lebih baik dan meningkatkan peluang ekonomi non-pertanian bagi masyarakat miskin dan rentan.