KOMPAK DUKUNG PENINGKATAN KAPASITAS TIM KLINIK GAMPONG SEBAGAI PEMBINA TEKNIS DESA

Publish By netatjeh.info | Nov 09, 2017

Berita

Upaya koordinasi, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah desa harus terus dilaksanakan, sehingga semangat pelaksanaan UU Desa, untuk kesejahteraan rakyat dapat terwujud. Untuk mewujudkan tatakelola desa yang balk berasaskan prinsip transparan, akuntabel, partisipatif dan responsive terhadap kebutuhan dasar masyarakat menjadi indicator utama dalam penyelenggaraan tatakelola sebuah pemerintahan.

Pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan yang balk, menjadi hal utama yang harus dimiliki oleh penyelenggaran pembangunan Desa. untuk menyelenggarakan pemerintahannya. Banyaknya jumlah gampong, luasnya wilayah, kondisi geografis sena jarak antar gampong dengan kecamatan, menjadi tantangan tersendiri bagi seorang Camat untuk melaksanakan peran dan fungsi koordinasi, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah Gampong. di Kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen,Kamis. (9/11/2017)

Namun, seorang Camat muda Erry Seprinaldi, SST( S.Sos, M.Si, yang sedang menduduki jabatan Camat di Kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen ini, pantang menyerah. Berbekal segudang pengalaman yang dimiliki, beliau berpikir ekstra agar dapat melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik, sebagaimana yang diamanatkan dalam ketentuan yang berlaku.

Berbekal dukungan Program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK), merupakan kemitraan antara Pemerintah Australia dengan Pemerintah Indonesia, dalam mendukung strategi pengentasan kemiskinan nasional sebagaimana tartuang dalam RPJMN 2015-2019.

Salah satu dukungan KOMPAK adalah peningkatan kualitas tatakelola pembangunan desa yang inklusif menggagas sebuah inovasi pembentukan Klinik Gampong di Kecamatan Simpang Mamplam. Klinik Gampong ini merupakan salah satu wadah Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Terpadu (PKAD), yang dikoordinir oleh Carnal dan dikelola oleh seluruh sumberdaya manusia yang ada dikecamatan,

termasuk mengkonsolidasikan pelaksanaan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3MD) KEMENDES PDTT. Klinik gampong didisain menjadi sarana koordinasi pemerintah desa dan lintas sector dikecamatan untuk koordinasi pelaksanaan pelayanan dasar, sarana konsultasi, sarana berbagi pengetahuan, sarana peningkatan kapasitas dan bimbingan, sarana pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta sarana penelitian dan pengernbangan pengetahuan tentang tatakelola desa.

Untuk memaksimalkan keberadaan dan operasionalisasi Klinik Gampong, Carnal Erry, didukung oleh KOMPAK memfasilitasi penguatan kepada seluruh tim klinik gampong sebagaimana tertuang dalam SK Pembentukan Tim Klinik Gampong diKecamatan Simpang Mamplam tersebut.

Peningkatan kapasitas tim pengelola klinik gampong ini, dilaksanakan di Kantor Camat Simpang Mamplam selama empat hay sejak tanggal 6 s/d 9 Nov 2017, yang difasilitasi oleh Mahyaruddin sebagai Tenaga Ahli Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, dan Sudarman Alkatiri Puteh (Community Engagement Coordinator-KOMPAK), Erri Seprinaldi, SSTP, S.Sos, M.Si Camat Simpang Mamplam dan Hamdiana, M.Keb Kasi Bina Kelola Keuangan Kemukiman dan Gampong.

Sementara itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bireuen. Dalam sambutannya Carnal menyampaikan bahwa hal ini merupakan suatu terobosan inovatif untuk mendekatkan pelayanan dengan masyarakat, menyediakan sumberdaya yang mampuni sehingga marnpu dan terampil melaksanakan pendampingan bagi aparatur Gampong.

Selanjutnya beliau juga mulai menggagas pelaksanaan fasilitasi Program Pembelajaran Mandiri Aparatur Desa (PBMAD). PBMAD merupakan sebuah konsep pembelajaran mandiri yang di programkan dan dilaksanakan oleh Gampong, melalui anggaran gampong yang pelaksanaannya difasilitasi oleh PTPD melalui Tim Klinik Gampong sebagai narasumber. /fasilitator.

Materi ajar dalam kegiatan PBMAD in juga disusun dan disepakati bersama antara Pemerintah Gampong dengan Tim Klinik Gampong sesuai dengan kebutuhan belajar. Paska kegiatan berlangsung selama empat hari ini, tim teknis klinik Gampong diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap terkait konsep dasar mekanisme dan operasionalisasi klinik, terampil memfasilitasi konsep perencanaan pembangunan gampong, penyusunan RKPG/RKPG yang inklusif, konsep perencanaan keuangan desa, serta terarnpil memfasilitasi pembelajaran mandiri aparatur desa (PbMAD) ditingkat Gampong. Selanjutnya Tim Klinik Gampong akan menyusun dan menyepakati alur, metodologi dan peran parapihak dalam mengoperasionalisasikan klinik Gampong di Kecamatan Simpang Mamplam.

Sesuai dengan konsep dan disainnya, pada Klinik Gampong in tersedia seluruh modul, bahan bacaan, praktek balk, game desa, e-learning, e-tutorial serta material edukasi lainnya. Diakhir sambutannya Camat menyampaikan, !novas' in diharapkan dapat terus terlembagakan dan dioperasionaliasaikan dengan balk sehingga dapat menjadi media sosial, peningkatan kapasitas apartur gampong dan masyarakat.

Aparatur gampong dan masyarakat tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan seluruh informasi dan pengetahuan terkait dengan tatakelola penyelenggaraan pemerintahan gampongnya, aksesnya sudah dekat, cukup datang dan diskusi dengan Tim Klinik dikantor camat, mereka akan bisa berkonsultasi dan belajar banyak tentang tatakelola desa. Akses untuk meningkatkan pengetahuan sudah dekat, tapi harus dibarengi dengan kualitas yang balk dad kita semua dalam memberikan pelayanan kepada seluruh pihak yang ingin meningkatkan pasitasnya melalui Klinik Garnpong.