JEJAK AUSTRALIA DI SEKOLAH PAPUA

Publish By CNN Indonesia | Sep 08, 2016

Portal Berita

Jayapura, CNN Indonesia ?? Pejabat Australia, Fleur Davies, hari ini, Kamis (8/9) berkunjung ke Sentani,Jayapura. Minister counsellor, governance dan human development dari Kedutaan Besar Australia ini ingin melihat langsung program pendidikan dan kesehatan yang didanai oleh pemerintahnya di wilayah itu.  

Davies berkunjung ke SD Negeri Kampung Harapan di Sentani. Selain disambut pihak sekolah, hadir pula Kepala Kampung Nolokla, Octovianus Puhiri. Mereka mendiskusikan pencapaian program itu dan kelanjutannya. Selanjutnya, Davies juga berkunjung ke Puskesmas Kampung Harapan, Sentani.  

“Pemerintah Australia telah bekerjasama dengan pemerintah provinsi Papua dan sudah ada hasil dalam bidang kesehatan, pendidikan dengan melalui program Landasan. Ada hasil untuk meningkatkan mutu pelayanan masyarakat,” kata Davies. 

Tak hanya di Sentani, program pendidikan dan kesehatan ini juga dilakukan di enam kabupaten di wilayah Papua dan Papua Barat, yaitu: Kabupaten Jayapura, Merauke, Supiori, Manokwari, Fakfak, dan Kaimana. “Saya berharap upaya ini bisa bantu meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan serta mendukung aparatur desa dalam mengimplementasikan undang?undang desa,” katanya.  

Besok Davies akan bertolak ke Kabupaten Jayawijaya untuk melihat dari dekat sekolah di Wamena. Menurutnya, walau sudah ada hasil yang baik, tapi masih ada tantangan di bidang pendidikan di daerah itu. (ded/ded)