BUPATI ACEH BARAT AKAN LIMPAHKAN SEBAGIAN WEWENANG KEPADA CAMAT

Publish By kabaracehbarat.com | Nov 08, 2017

Berita

Dalam rangka memperbaiki kualitas penyelenggaraan pelayanan dasar di Kabupaten Aceh Barat, Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK), sebuah program kemitraan antara Pemerintah Australia dengan Pemerintah Indonesia, berkerjasama dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, mengadakan kegiatan Diskusi Kelompok Terarah (FGD) untuk proses penyusunan Peraturan Bupati terkait pelimpahan sebagian kewenangan kepada camat, Rabu (8/11/17).

Bupati Aceh Barat, H. Ramli, MS dalam sambutannya di kegiatan FGD yang bertempat di Aula Bappeda Aceh Barat mengatakan bahwa Pelimpahan Kewenangan Bupati kepada Camat harus dapat menjawab permasalahan terkait kesejahteraan masyarakat.

"Dengan dilimpahkannya sebagian kewenangan bupati kepada camat, diharapkan akan dapat lebih mendekatkan pelayanan kepada rakyat" Kata Ramli, MS, saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan anggaran operasional kepada camat sebagai bentuk dukungan penuh terhadap pelaksanaan pelimpahan kewenangan tersebut.

"Selama ini tugas camat sudah cukup berat dilapangan namun tidak seimbang dengan dukungan yang diterima melalui gaji dan tunjangan mereka," tambahnya serta menegaskan bahwa peraturan dibuat oleh pemerintah untuk memudahkan bukan untuk mempersulit rakyat.

"Saya dipilih rakyat dan atasan saya adalah rakyat," pungkas Bupati.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Aceh Barat T. Ahmad Dadek mengatakan, selama ini KOMPAK telah mendukung penyelesaian beberapa agenda utama Kabupaten Aceh Barat, diantaranya penyusunan Rencana Pembangunan Jangka MenengahDaerah (RPJMD).

"Disamping itu juga penyusunan Perbup terkait implementasi Undang Undang Desa dan akan membantu dalam review dokumen Indikator Kinerja Utama (IKU) Kabupaten Aceh Barat," ujarnya.

Kegiatan FGD tersebut dipimpin oleh Drs. Syakir, M.Si selaku Kabag Penataan Daerah dan Perangkat Pemerintahan, Biro Tapem Setda Aceh dan Dr. Ahmad Yani yang merupakan Akademisi dari Universitas Teuku Umar Meulaboh, serta diikuti oleh perwakilan camat, dinas atau badan terkait, bagian Tata Pemerintahan Setdakab, bagian Hukum Setdakab Aceh Barat, dan juga organisasi masyarakat di Aceh Barat.