Pengetahuan

Publikasi

Ringkasan

Buku Panduan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Inovatif Universitas Membangun Desa Desember 2017

Kegiatan kuliah pengabdian kepada masyarakat (KPM) tahun ini spesifik karena skema kegiatan berada dalam konteks kuliah pengabdian kepada masyarakat dalam program Universitas Membangun Desa (UMD), yang didukung oleh KOMPAK dan Pemerintah Australia. Tujuan kegiatan ini adalah memberi kesempatan ekonomi bagi masyarakat untuk meningkatkan kemampuan pendapatan mereka. Kegiatan ini sejalan dengan tujuan KOMPAK yang fokus pada peningkatan layanan dasar bagi masyarakat. Secara khusus, program KPM UMD ini menargetkan masyarakat perempuan dengan tujuan untuk memberikan akses dan kesempatan yang sama kepada semua kelompok sosial yang ada dalam masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat adalah salah satu tugas perguruan tinggi, di samping penyelenggaraan pendidikan, pengajaran, serta penelitian.

Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran berhubungan dengan peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa. Sedangkan penelitian berhubungan dengan pengembangan ilmu pengetahuan. Pengabdian kepada masyarakat merupakan tanggung jawab perguruan tinggi sebagai sarana mempraktikkan ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah untuk kemaslahatan masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Beberapa bentuk pengabdian dosen kepada masyarakat adalah memberikan ceramah/khotbah Jumat dan pendampingan masyarakat. Sedangkan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa diwujudkan dalam kuliah pengabdian pada masyarakat (KPM) yang merupakan perubahan dari Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kuliah pengabdian pada masyarakat di UIN Ar-Raniry dijadikan mata kuliah wajib, sehingga setiap mahasiswa harus mengambilnya. Sebagai mata kuliah, KPM diletakkan pada semester delapan yang artinya, KPM dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan seluruh mata kuliahnya.

Dalam pelaksanaan KPM, UIN Ar-Raniry menggunakan beragam model dan pendekatan, diantaranya adalah KPM-PAR yang sudah dimulai sejak lima tahun yang lalu. Sedangkan KPM-Inovatif dimulai pada 2016 dengan disponsori oleh KOMPAK dari Pemerintah Australia. KPM ini disebut inovatif karena: 1. Pendekatan yang digunakan adalah partisipatif (Participative Action Research dan Community Based Research), yaitu dengan melibatkan masyarakat dampingan dalam rancangan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan, dalam hal ini adalah masyarakat desa Kubu, Cot Jurumudi, dan Peulanteu Kecamatan Arongan Lambalek, Kab. Aceh Barat. 2. Lokasi KPM ditentukan sesuai kebutuhan dan potensi sumber daya desa secara bersama dengan melibatkan kampus dan pemerintah daerah. 3. Kegiatan KPM tahun ini berbasis pemberdayaan ekonomi. 4. Subjek pendampingan adalah kelompok perempuan keluarga miskin. 5. Kegiatan KPM dipadukan dengan penelitian dosen dan mahasiswa.

Kuliah pengabdian masyarakat menggunakan berbagai metode dan pendekatan untuk mencapai tujuan kegiatan yaitu pemberdayaan ekonomi kelompok perempuan (munculnya beberapa proxy indicator). Metode dan pendekatan tersebut secara lebih lengkap akan dijelaskan pada bagian selanjutnya. Adapun lokasi KPM dibatasi hanya tiga desa di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada data Biro Pusat Statistik (BPS) dan informasi dari pemerintah daerah Aceh Barat. Menurut data dan informasi yang berhasil dikumpulkan, Kecamatan Arongan Lambalek merupakan kecamatan termiskin di Kabupaten Aceh Barat. Selanjutnya, sasaran kegiatan adalah pemberdayaan ekonomi kelompok perempuan yang diharapkan dapat membantu meningkatkan taraf ekonomi keluarga di lokasi KPM. Salah satu nilai penting KPM inovatif adalah perpaduan antara kegiatan pengabdian masyarakat dengan kegiatan penelitian. Artinya, seluruh rangkaian kegiatan KPM inovatif nantinya akan dijadikan karya ilmiah dosen dan mahasiswa yang dapat dipublikasikan melalui jurnal kampus dan jurnal-jurnal lainnya.

Tujuan buku ini diharapkan menjadi panduan untuk pembekalan dosen dan mahasiswa dalam melakukan KPM Inovatif di Aceh Barat dan di lokasi-lokasi lainnya di Provinsi Aceh dan di luar Aceh.

UNDUH & PRESENTASI

The main research report of the study is available here.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan email kami di:   info@kompak.or.id