Pengetahuan

Publikasi

Ringkasan

Pedoman Penyusunan Peraturan Daerah/Peraturan Kepala Daerah Untuk Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Juni 13 2017

Buku ini disusun untuk menjadi pedoman bagi daerah kabupaten/kota dalam menyusun peraturan daerah (perda) dan peraturan kepala daerah (perkada) yang telah dimandatkan oleh peraturan di tingkat nasional dalam rangka pelaksanaan undang-undang desa. Buku ini memuat prinsip-prinsip umum—baik dari sisi prosedural maupun dari sisi substansi—yang sebaiknya dilakukan oleh daerah dalam rangka menyusun peraturan di tingkat kabupaten/kota berdasarkan pada peraturan di tingkat nasional. Sebagai contoh, buku ini juga akan memberikan pedoman untuk menyusun peraturan daerah/kepala daerah yang bersifat dimandatkan.

Banyak peraturan yang dimandatkan untuk disusun dan ditetapkan oleh kabupaten/kota. Tetapi buku ini hanya berfokus pada isu yang sangat mendesak dalam rangka implementasi Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa), yaitu: 1. Peraturan Kepala Daerah tentang Kewenangan Desa; 2. Peraturan Kepala Daerah tentang Penetapan Besaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tiap tahun; 3. Peraturan Kepala Daerah tentang Pengelolaan Keuangan di Desa; 4. Peraturan Kepala Daerah tentang Pengadaan Barang dan Jasa di Desa; dan 5. Keputusan Kepala Daerah tentang Pendelegasian Kewenangan Bupati ke Camat. Sebagian besar gagasan dalam naskah ini merupakan hasil diskusi pemerintah, pemerintah daerah, dan perwakilan desa di Surabaya pada September 2016 yang difasilitasi oleh KOMPAK – Kemitraan Pemerintah Australia dan Indonesia.

Selanjutnya hasil diskusi tersebut dikembangkan berdasarkan pengalaman KOMPAK memfasilitasi daerah dalam memberikan bimbingan teknis pada daerah dalam menyusun peraturan daerah/peraturan kepala daerah. Buku ini menyajikan dua hal utama yang perlu diperhatikan dalam menyusun satu peraturan daerah dan peraturan kepala daerah yaitu: 1) aspek prosedural dan 2) aspek isi/substansi peraturan. Selanjutnya pedoman ini akan membahas mengenai substansi penting yang harus diperhatikan dalam menyusun ke-5 peraturan tersebut di atas sebagai studi kasus. Pedoman Penyusunan Peraturan Daerah/Peraturan Kepala Daerah Untuk Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Buku ini akan fokus pada petunjuk teknis yang langsung berkaitan dengan pelaksanaan UU Desa. Karena itu buku pedoman ini tidak akan membahas mengenai prinsip umum penyusunan peraturan daerah/peraturan kepala daerah yang telah digariskan oleh peraturan yang bersifat umum—yaitu prinsip dan prosedur penyusunan peraturan daerah/kepala daerah berdasar pada UU 12/2012 dan UU 23/2014—atau berdasar pada teori penyusunan peraturan. Pembaca—terutama tim yang ditunjuk sebagai anggota kelompok kerja di tingkat daerah dan/atau mitra pembangunan yang mendampingi pemerintah daerah dianggap telah memahami mengenai aturan dan prinsip umum tersebut.

UNDUH & PRESENTASI
Pedoman Penyusunan Perda
  • Juni 13 2017
  • File Size 6.66 MB

Untuk informasi lebih lanjut silahkan email kami di:   info@kompak.or.id