Pengetahuan

Publikasi

Laporan Penelitian

Laporan Misi Supervisi Bersama Pelaksanaan Program KOMPAK di Daerah

Tatakelola Program KOMPAK mengatur perlunya misi supervisi bersama oleh Pemerintah Indonesia (diwakili oleh anggota Komite Teknis), Pemerintah Australia (diwakili oleh pejabat/staf Kedutaan Besar), dan Manajemen Program KOMPAK secara teratur—setidaknya dua kali dalam setahun—terhadap pelaksanaan program di daerah. Dokumen ini adalah laporan misi supervisi ke Kabupaten Lombok Utara (Provinsi NTB) dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Provinsi Sulawesi Selatan) pada tanggal 5–7 Juni 2017. Secara umum misi supervisi ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan program, termasuk kemajuan yang dicapai, identifikasi indikasi awal praktik-praktik baik, dan pembelajaran untuk perbaikan. Fokus utama misi supervisi yang pertama ini adalah pada tema pelayanan dasar.

Program KOMPAK dirancang dengan tujuan utama agar masyarakat miskin dan rentan mendapatkan manfaat dari meningkatnya penyelenggaraan pelayanan dasar dan pengembangan kesempatan ekonomi. Strategi dukungan

Program KOMPAK diarahkan untuk penguatan sistem terkait tatakelola pelayanan dasar, termasuk mendorong kerjasama multi-pihak dan multi-level yang terstruktur untuk capaian tujuan perluasan akses dan peningkatan mutu pelayanan dasar. Fokus dukungan dan rencana kerja Program KOMPAK dirasakan sangat relevan dengan kebutuhan dan prioritas daerah. Pemerintah daerah menunjukkan penerimaan, rasa memiliki, dan keterlibatan yang sangat baik terhadap pelaksanaan dukungan program. Tim misi supervisi memberikan apresiasi terhadap hubungan dan kerjasama yang sangat baik antara pemerintah daerah dan tim KOMPAK. Secara umum dari kunjungan ke dua daerah ini tim misi supervisi memperoleh kesan bahwa Program KOMPAK telah dapat mencapai kemajuan yang berarti.

Hasil-hasil kegiatan menunjukkan indikasi sejalan dengan capaian yang diharapkan. Indikasi peningkatan dalam pelayanan di unit pelayanan, seperti kantor camat dan puskesmas/RSUD di kedua kabupaten mulai terlihat. Inisiatif dukungan program untuk mengarusutamakan pelayanan dasar dalam pembangunan desa mulai terlihat dengan meningkatnya alokasi anggaran belanja desa untuk pelayanan dasar. Inisiatif bersama lembaga mitra program dan pemerintah daerah juga diperkuat untuk mendorong keterlibatan kelompok masyarakat khususnya kelompok rentan guna memperoleh manfaat dari pembangunan di tingkat desa, seperti kepemilikan identitas hukum dan bantuan pendidikan bagi penyandang disabilitas. Beberapa dari inisiatif kegiatan pilot dukungan program juga telah direplikasi oleh pemerintah daerah dengan anggaran sendiri (APBD), antara lain—sebagai ilustrasi: inisiatif percepatan capaian kepemilikan identitas hukum di kedua kabupaten dan pengembangan sistem informasi desa (Lombok Utara). Terkait Sistem Informasi Desa (SID), direncanakan agar dapat dikembangkan interkonektivitas dengan sistem informasi di tingkat kabupaten. Tim misi supervisi juga mengidentifikasi pembelajaran dari pelaksanaan program untuk menjadi pertimbangan dalam mengambil langkah-langkah peningkatan yang diperlukan. Rekomendasi bagi perbaikan tersebut mencakup: perlunya harmonisasi dukungan kebijakan di tingkat pusat dan daerah; peningkatan kapasitas yang berkesinambungan; dokumentasi sistematis praktik-praktik baik, dan dukungan terhadap replikasi hasil program oleh daerah; optimalisasi peran provinsi; dan saran-saran untuk penyelenggaraan misi supervisi berikutnya. Selain mempertahankan dan meningkatkan hasil-hasil yang telah dicapai, tim misi supervisi juga merekomendasikan

Program KOMPAK untuk mempertimbangkan usulanusulan prioritas baru yang disampaikan daerah, yaitu dukungan untuk: peningkatan tatakelola di sektor pendidikan; akreditasi puskesmas, termasuk pengelolaan keluhan/pengaduan terkait pelayanan; analisis anggaran kecamatan terkait pelaksanaan pelimpahan kewenangan; operasionalisasi konsep “Desa Mandiri” (Kabupaten Pangkajene Kepulauan); dan perancangan model pelayanan dasar yang inovatif sesuai dengan konteks wilayah kepulauan yang mempunyai karakteristik tantangan tersendiri.

UNDUH & PRESENTASI

The main research report of the study is available here.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan email kami di:   info@kompak.or.id