Implementasi

Mitra Kami

Web URL: http://www.pekka.or.id/index.php/en/

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KEPALA KELUARGA (PEKKA)

LATAR BELAKANG

Sejak tahun 2015, Lembaga Pemberdayaan PEKKA telah mengembangkan satu inisiatif khusus untuk memperkuat perempuan pemimpin di akar rumput, khususnya dari kalangan komunitas PEKKA, agar dapat memainkan peran penting dalam “kepemimpinan” desa. Inisiatif ini kemudian diberi nama Akademi Paradigta yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan terstruktur bagi kader PEKKA dan kader perempuan di wilayah perdesaan agar dapat terlibat aktif dalam proses pembangunan desa dan wilayahnya. 

Meskipun masih berusia kurang dari satu tahun, Akademi Paradigta telah menunjukkan hasil yang signifikan sebagai kontribusi pada proses pembangunan desa. Saat ini sudah ada 32 anggota tim mentor terlatih dari 7 wilayah kerja PEKKA yang berhasil menjaring 567 kader perempuan desa potensial yang 470 (83%) di antaranya aktif mengikuti proses pendidikan secara penuh, menjangkau tidak kurang dari 2,348 anggota masyarakat lainnya melalui berbagai inisiatif pengorganisasian yang dilakukan. Meskipun inisiatif yang dikembangkan adalah bagian dari penugasan kurikulum pendidikan, sebagian besar inisiatif tersebut sangat berpotensi untuk berlanjut dan diadopsi oleh desa sebagai bagian dari program pembangunan desa.

 

KEMITRAAN KOMPAK-PEKKA

Akademi Paradigta dirancang sebagai arena refleksi, pengembangan dan pendidikan untuk mendukung berkembangnya pemimpin perempuan yang memiliki visi transformatif dalam kiprah kehidupan dan sistem yang lebih luas di berbagai tingkatan yang dimulai dari desa. 

Secara khusus Akademi Paradigta akan:

  • Mengembangkan potensi kepemimpinan perempuan di desa agar dapat terlibat aktif, menjadi inovator dan fasilitator dalam proses pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di wilayahnya
  • Mengembangkan kurikulum, materi, modul dan manual pendidikan kepemimpinan perempuan yang relevan untuk merespon kebutuhan pembangunan di wilayahnya
  • Mengembangkan kelembagaan pendidikan orang dewasa dan sepanjang hayat sebagai arena belajar lintas generasi, kelas, dan bangsa tentang pemberdayaan masyarakat dan kepemimpinan perempuan.

Melalui berbagai kegiatannya Program Akademi Paradigta berkontribusi  langsung pada upaya KOMPAK mendukung pemerintah Indonesia memastikan keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan publik dan penguatan ekonomi.

  • Akademi Paradigta melakukan pendekatan pada pemerintah daerah khususnya pemerintah kabupaten dan desa untuk mensosialisasikan Akademi Paradigta.
  • Akademi Paradigta akan membangun kerja sama dengan pemerintah desa untuk menjaring perempuan potensial di desa yang akan menjadi peserta Akademi Paradigta. Dengan demikian semua peserta Akademi Paradigta adalah utusan desanya masing-masing.
  • Akademi Paradigta akan melatih pemimpin perempuan potensial melalui proses pendidikan selama satu tahun yang menerapkan 10 Modul.

Akademi Paradigta akan dikembangkan di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah di mana PEKKA memiliki lembaga mitra. Di wilayah prioritas KOMPAK yang ingin mengembangkan Akademi Paradigta namun di mana PEKKA belum hadir, PEKKA dapat melakukan penjajakan kerja sama dengan lembaga lain yang ada di wilayah tersebut atau dengan pendekatan lainnya.

Ada beberapa penerima manfaat dari program ini.

  • Perempuan desa yang akan menerima pendidikan pelatihan secara langsung. Mereka akan bertambah pengetahuan dan keterampilannya, menguat kepercayaan dirinya, serta termotivasi untuk terlibat aktif menjadi penggerak, motivator, inovator dan pemimpin di desanya.
  • Pemerintah desa yang mengutus perempuan dari desanya mengikuti akademi paradigta akan mendapatkan kader desa potensial yang dapat membantu kerja-kerjanya membangun desa.
  • Masyarakat desa yang akan mendapatkan manfaat dari berbagai kegiatan dan inisiatif yang dikembangkan oleh peserta Akademi Paradigta, baik dalam proses pendidikan melalui praktik-praktik lapangnya, maupun setelah mereka selesai pendidikan.
  • Kader PEKKA yang akan meningkat pengalaman dan pengetahuannya dalam menjadi pelatih, fasilitator dan pendamping dalam pendidikan bagi orang dewasa
  • Lembaga PEKKA dan lembaga lain yang akan terlibat dalam pengembangan Akademi Paradigta akan meningkat kapasitas dalam menyelenggarakan pendidikan bagi orang dewasa

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KEPALA KELUARGA (PEKKA)