Implementasi

Mitra Kami

Web URL: http://www.kemendesa.go.id/

KEMENDES PDTT

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT)

KOMPAK mendukung Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dalam melakukan analisis dan input kebijakan serta fasilitasi diskusi/konsultansi di tingkat nasional khususnya kebijakan dan program prioritas Kementerian yang bersifat strategis. Dukungan juga dilakukan dalam hal dialog kebijakan bersama para pemangku kepentingan terkait implementasi Undang-Undang Desa.

Secara khusus kegiatan yang dilakukan pada tingkat pusat dan daerah terkait dukungan tersebut meliputi:

  • Bekerjasama dengan RuangGuru.com dalam mengembangkan Ruang Desa aplikasi seluler untuk mendukung program bimbingan dan pembelajaran UU Desa baik kepada perangkat desa, kelembagaan masyarakat desa dan para pendamping. Kegiatan ini juga mencakup pemanfaatan ICT untuk mendokumentasikan dan membagikan berbagai pembelajaran baik pengelolaan pembangunan desa melalui kegiatan Universitas Membangun Desa (UMD)
  • Fasilitasi pembentukan forum-forum interaksi dan pertukaran pengetahuan dan pembelajaran di tingkat lokal melalui Sekolah Desa/Klinik/RBM di lokasi kerja KOMPAK. Ujicoba pemanfaatan ICT untuk berbagi informasi dan pembelajaran Ruang Desa/village Center of Excellent
  • Bekerjasama dengan SEKNAS FITRA mengembangkan sekolah anggaran untuk penguatan kapasitas BPD
  • Mengembangkan mekanisme pengelolaan pengaduan pemanfaatan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes)
  • Kolaborasi bersama mitra strategis Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) mengembangkan dan memperluas cakupan Akademi Paradigta dan melibatkan kelompok perempuan di lokasi KOMPAK serta fasilitasi ruang dialog pertukaran pembelajaran baik bersama Kemendes PDTT
  • Kolaborasi bersama mitra strategis Konsorsium IRE dalam pengembangan rancangan akuntabilitas sosial dalam rangka penguatan partisipasi masyarakat dalam konteks pembangunan desa (implementasi UU Desa), khususnya perempuan dan kelompok rentan. Kegiatan juga dilakukan fasilitasi ruang dialog dengan lintas pelaku dan pemerintah untuk pembelajaran baik pengorganisasian akuntabilitas sosial.

KEMENDES PDTT