Implementasi

Mitra Kami

Web URL: http://bakti.or.id

BAKTI

Latar Belakang

Sejak tahun 2010, BaKTI telah melaksanakan berbagai program bilateral dan multilateral di Papua, termasuk pekerjaan mengenai Analisa manajemen keuangan publik (Analisa belanja anggaran dan Harmonisasi Kapasitas di papua – World Bank, Analisa Belanja dan Penerimaan Publik – AIPD, AusAID). Program ini memberikan pemahaman langsung mengenai proses perencanaan dan penganggaran, pengetahuan mengenai kesenjangan kapasitas serta jaringan, bukan hanya ke pemerintah daerah namun juga ke universitas setempat.

BaKTI juga mengelola program Pelatihan Kader Teknik (Training of Barefoot Engineers) bagi Fasilitas Dukungan PNPM (Bank Dunia), yang memberikan pengalaman dalam mengelola kegiatan peningkatan kapasitas. Dalam pekerjaan yang dilakukan untuk Australia – Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD) BaKTI juga telah menghimpun berbagai praktik cerdas dari Tanah Papua maupun dari daerah lainnya di Indonesia Timur, sebagai referensi solusi yang dapat diterapkan untuk desa dan pemerintah daerah, termasuk penggunaan TIK dalam meningkatkan hasil pelaksanaan layanan. BaKTI juga dikontrak oleh KINERJA, program yang didanai USAID untuk melaksanakan komponen komunikasi dan pertukaran pengetahuan, termasuk di kabupaten dataran tinggi (Mimika & Jayawijaya), dengan fokus pada peningkatan layanan dasar dan keterlibatan masyarakat. Oleh karena itu, Bakti akan memanfaatkan berbagai pelajaran dari KINERJA serta jaringan dari program yang dilaksanakan untuk mendukung pelaksanaan LANDASAN.

 

Kemitraan KOMPAK-BaKTI

BAKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia) merupakan mitra pelaksana program LANDASAN 2. Dalam kerja sama dengan KOMPAK ini, BAKTI akan melaksanakan seluruh kegiatan yang ada pada Rencana Kerja LANDASAN 2 serta mencapai output proyek yang diharapkan.

BaKTI terlibat langsung dalam komponen layanan Pendidikan dan Kesehatan pada program LANDASAN tahap I. Komponen pendidikan difokuskan pada peningkatan partisipasi orang tua dalam komite sekolah dan secara bersama-sama menyusun rencana sekolah bersama guru dan pengawas. Prosedur operasi standar juga dikembangkan dan digunakan oleh PUSKESMAS. Komponen ini mendukung desa melalui penyediaan pelatihan untuk penyusunan rencana pembangunan jangka menengah dan rencana kerja tahunan apparat desa. Program ini dilaksanakan di kedua provinsi Papua meliputi Kabupaten Jayapura, Merauke, Supiori, Manokwari, Kaimana dan Fak-Fak. Setelah program AIPD berakhir, BaKTI didaulat untuk mengelola transisi program LANDASAN untuk KOMPAK, di mana BaKTI memperkuat kapasitas manajemen data dan pembukaan akses kepada data publik di kedua provinsi melalui pembentukan pusat-pusat data.

 

BAKTI