TENTANG KOMPAK

TENTANG KOMPAK

KOMPAK adalah kemitraan Pemerintah Australia dan Indonesia yang mendukung Pemerintah Indonesia untuk mengurangi kemiskinan melalui peningkatan pelayanan dasar dan menciptakan kesempatan ekonomi yang lebih besar. KOMPAK akan memfokuskan usahanya pada tiga area:

  1. Peningkatan akses, kualitas pelayanan dasar di bidang kesehatan, pendidikan dan identitas hukum;
  2. Penguatan tata kelola pemerintah desa, partisipasi masyarakat dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan berbasis masyarakat;
  3. Penciptaan peluang-peluang ekonomi di sektor non-pertanian dan pembangunan ekonomi.

TUJUAN KOMPAK adalah memastikan masyarakat miskin dan rentan di Indonesia mendapatkan manfaat dari meningkatnya penyelenggaraan pelayanan dasar dan kesempatan ekonomi yang lebih besar. Hal ini akan dicapai melalui kegiatan-kegiatan proyek guna mewujudkan tiga capaian:

CAPAIAN 1:  Pemerintah daerah dan unit pelayanan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan terhadap pelayanan dasar.

CAPAIAN 2:  Masyarakat miskin dan rentan mendapat manfaat dari peningkatan kualitas tata kelola pemerintah desa.

CAPAIAN 3:  Masyarakat miskin dan rentan mendapat manfaat dari perluasan kesempatan kerja (di sektor non-pertanian) dan pengembangan ekonomi produktif.

Dalam mewujudkan tujuannya, KOMPAK bekerja sama dengan lima Kementerian Indonesia (BAPPENAS, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Daerah Terpencil dan Transmigrasi dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), dan pemerintah daerah.

KOMPAK juga telah bekerja sama dengan sejumlah mitra strategis, termasuk program-program Department of Foreign Affairs and Trade, komunitas madani dan sektor swasta.

Proyek KOMPAK akan diimplementasikan di Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

TENTANG KOMPAK
  • File Size 914.37 KB