TANYA JAWAB

  1. Apakah KOMPAK?

    KOMPAK adalah kemitraan Pemerintah Australia dan Indonesia yang mendukung Pemerintah Indonesia untuk mengurangi kemiskinan melalui peningkatan pelayanan dasar dan menciptakan kesempatan ekonomi yang lebih besar. KOMPAK akan memfokuskan usahanya pada tiga area:
    1.   Peningkatan akses, kualitas pelayanan dasar di bidang kesehatan, pendidikan dan identitas hukum;
    2.   Penguatan tata kelola pemerintah desa, partisipasi masyarakat dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan berbasis masyarakat;
    3.   Penciptaan peluang-peluang ekonomi di sektor non-pertanian dan pembangunan ekonomi.

  2. Apa Saja Capaian Akhir KOMPAK?
    KOMPAK bertujuan memastikan masyarakat miskin dan rentan di Indonesia mendapatkan manfaat dari meningkatnya penyelenggaraan pelayanan dasar dan kesempatan ekonomi yang lebih besar. Hal ini akan dicapai melalui kegiatan-kegiatan proyek guna mewujudkan tiga capaian:
    Capaian 1:   Pemerintah daerah dan unit pelayanan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan terhadap pelayanan dasar.
    Capaian 2:   Masyarakat miskin dan rentan mendapat manfaat dari peningkatan kualitas tata kelola pemerintah desa.
    Capaian 3:   Masyarakat miskin dan rentan mendapat manfaat dari perluasan kesempatan kerja (di sektor non-pertanian) dan pengembangan ekonomi produktif.

  3. Bagaimana KOMPAK mendukung Pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan RPJMN?
    KOMPAK mendefinisikan pendekatan dan metode sebagai instrumen pelaksanaan, dan ada delapan instrumen yang digunakan dalam proyek-proyek kami.
    •   Dialog Kebijakan. Memfasilitasi Pemerintah Indonesia untuk menyelenggarakan dialog kebijakan dengan seluruh jajaran pemerintahan dan pemangku kepentingan masyarakat madani untuk dapat menginformasikan dan mendukung usaha meraih capaian yang selaras dengan capaian KOMPAK.
    •   Saran Kebijakan. Menyediakan saran kebijakan ahli sebagai penasihat terpercaya untuk Pemerintah Indonesia guna membantu mereka dalam mencapai hasil yang sejalan dengan capaian KOMPAK.
    •   Penguatan Kapasitas/lembaga. Menyediakan ahli teknis, dan / atau pelatihan untuk Pemerintah Indonesia dan / atau komunitas madani guna mendukung mereka menghasilkan tujuan tertentu yang dapat memfasilitasi capaian program bersama.
    •   Adaptasi Iteratif Berbasis Masalah. Membentuk kelompok-kelompok pemangku kepentingan di lini terdepan penyelenggaraan pelayanan dasar (bisa termasuk pemerintah, masyarakat madani, program-program donor, dan para penerima manfaat) untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah melalui sebuah proses perubahan yang adaptif dan iteratif.
    •   Percontohan dan Peragaan. Melaksanakan kegiatan-kegiatan percontohan dan peragaan bersama dengan Pemerintah Indonesia untuk meraih capaian, dan memfasilitasi replikasi dan/atau peningkatan keberhasilan.
    •   Koalisi untuk Perubahan. Menyatukan kelompok atau individu yang berpengaruh (baik secara formal ataupun informal) untuk mengejar perubahan-perubahan kebijakan untuk mencapai hasil capaian.
    •   Pemanfaatan Sumber Daya. Berkolaborasi dengan investasi DFAT lainnya guna mempromosikan perubahan untuk mencapai capaian KOMPAK.
    •   Penelitian dan Analisa. Mendukung penelitian dan analisis yang akan memberikan wawasan baru kepada KOMPAK, DFAT dan Pemerintah Indonesia untuk tujuan mencapai hasil capaian bersama.

  4. Apa saja Proyek KOMPAK?
    Terdapat 10 proyek yang dirancang untuk meraih tujuan KOMPAK, yaitu:
    1.   Penguatan Kebijakan Dana Transfer Daerah untuk Peningkatan Pelayanan Dasar.
    2.   Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah dan Unit Pelayanan untuk Pengelolaan Pelayanan Dasar yang Responsif.
    3.   Peningkatan Sistem Layanan Dasar dan Inovasi Pemerintah Daerah dan Inovasi Pemerintah Daerah dan Unit Pelayanan untuk Pelayanan Dasar.
    4.   LANDASAN FASE 2.
    5.   Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Pemerintah Desa untuk Layanan Dasar dan Peluang Ekonomi.
    6.   Penguatan Kelembagaan dan Kapasitas Pemangku Kepentingan Desa untuk Pembangunan Desa yang Lebih Inklusif dan Pro-poor.
    7.   Peningkatan Keterlibatan Masyarakat dalam Kelembagaan Desa dan Proses Pembangunan.
    8.   Penguatan Kapasitas Masyarakat dan UMKM dalam Mengakses Pasar dan Jasa Keuangan.
    9.   Inovasi Model Keterpaduan Lembaga Pendidikan dan Lembaga Pelatihan Kerja yang Responsif terhadap Industri.
    10. Inovasi untuk Percepatan Pelayanan Dasar dan Kesempatan Ekonomi.

  5. Siapa saja mitra utama KOMPAK di Pemerintahan Indonesia?
    KOMPAK bekerja di bawah arahan Pemerintahan Indonesia, termasuk BAPPENAS, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri Kementerian Desa, Daerah Terpencil dan Transmigrasi dan Kementerian Keuangan.

  6. Apakah KOMPAK bekerja sama dengan mitra lainnya?
    Selain bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, KOMPAK juga bekerja sama dengan Lembaga Sosial Masyarakat dan program DFAT lainnya, organisasi serupa serta sektor swasta. KOMPAK akan berkolaborasi dengan sejumlah investasi DFAT lainnya untuk meningkatkan sinergi dan dampaknya terhadap pembangunan secara keseluruhan di Indonesia. KOMPAK sudah membangun kerjasama dengan KSI, PLJ, MAMPU, Peduli, PRSF/MAHKOTA, AIPEG, PSF dan Generasi.
    Sepanjang 2016, KOMPAK akan meningkatkan kerjasama dengan program DFAT lainnya sehubungan dengan Pemerintah Indonesia untuk menghilangkan kesenjangan dan tumpang tindih serta terus memupuk relasi dengan pemerintah. Oleh karena itu, KOMPAK terbuka untuk berkolaborasi dengan organisasi serupa, atau mitra yang memiliki minat dan tujuan yang sama. Area kerja sama yang menjadi prioritas adalah:

    •   Penguatan Kebijakan (termasuk rancangan aktivitas dan implementasi)
    •   Penguatan Kapasitas/Lembaga
    •   Jender dan Inklusi
    •   Inovasi
    •   Keterlibatan Sektor Swasta

  7. Di mana wilayah kerja KOMPAK?
    Proyek KOMPAK berskala nasional tapi untuk tahun 2017 akan difokuskan di wilayah Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat,
    Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

  8. Di mana lokasi kantor KOMPAK?
    Kantor utama KOMPAK berada di Jakarta. KOMPAK juga memiliki tujuh kantor perwakilan di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Banda Aceh, Jawa
    Tengah, Sulawesi Selatan, Papua, dan Papua Barat.

  9. Siapa donor KOMPAK?
    KOMPAK didanai oleh Pemerintah Australia di bawah Department of Foreign Affairs and Trade dengan Abt Associates sebagai kontraktor pengelola.
TANYA JAWAB
  • File Size 3.05 MB