Kumpulan Hasil

Highlights

100% AKTA KELAHIRAN UNTUK PARA SISWA KABUPATEN LOMBOK UTARA

September 06, 2016
100% Akta Kelahiran untuk Para Siswa Kabupaten Lombok Utara

Tanjung (21/7) – Kabupaten Lombok Utara, yang secara administratif merupakan perluasan dari Kabupaten Lombok Barat, merayakan ulang tahunnya yang kedelapan pada tanggal 21 Juli 2016. Perayaannya diselenggarakan pada hari itu, dipimpin oleh Bupati Lombok Utara, Dr. Najmul H. Akhyar, SH, MH. Di antara yang hadir adalah staf pemerintah kabupaten, perwakilan-perwakilan pemerintah provinsi, mitra pembangunan, penggerak layanan dasar dalam masyarakat, serta para peneliti dan perwakilan-perwakilan universitas. Selama acara, Bupati Lombok Utara menegaskan komitmennya terhadap hak atas identitas hukum dengan meluncurkan gerakan ‘100% Akta Kelahiran untuk Siswa Kabupaten Lombok Utara’.

Dr. Najmul H. Akhyar, SH, MH menyatakan dalam pidatonya, “Kami akan meluncurkan 100% akta kelahiran bagi siswa Lombok Utara untuk memenuhi hak atas identitas hukum dan hak atas layanan dasar. Terima kasih kepada KOMPAK untuk dukungan dan kerja samanya dalam membantu mempercepat perbaikan-perbaikan layanan dasar.” Secara simbolis, akta kelahiran diberikan kepada delapan siswa Lombok Utara, dan pin dilekatkan pada Duta Administrasi Kependudukan, termasuk pemimpin-pemimpin tradisional, pemuka agama, Forum Anak, perwakilan-perwakilan dari Asosiasi Kepala Desa (AKAD), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta media. Cakupan program untuk mempercepat kepemilikan akta kelahiran adalah kelanjutan dari program-program sebelumnya yang menjadi dasar sebagai bagian dari program 100 hari Bupati Lombok Utara yang dijanjikannya sewaktu pemilihan dengan pasangan pencalonannya, Mr. Sarifudin SH.

Sejalan dengan Peraturan Kementerian Dalam Negeri Nomor 9/2016, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara telah terlibat dalam percepatan, inovasi, dan menciptakan nilai tambahan sebagai bagian dari cakupan program percepatan akta kelahiran. Program ini dimulai dengan memberikan akta kelahiran bagi seluruh siswa yang bersekolah di Kabupaten Lombok Utara dan dilakukan melalui tiga saluran, yaitu saluran pendidikan, kesehatan, dan layanan masyarakat terpadu melalui kantor desa dan kecamatan. (COM)

 

 

RELATED ARTICLES

Rencana Kerja Bersama DJPK dan KOMPAK 2016

Februari 17, 2016

KOMPAK menyelenggarakan lokakarya untuk mengembangkan suatu rencana kerja bersama antara KOMPAK dan Direktorat Jenderal Perimbangan…

SELENGKAPNYA

Kemendesa PDTT dan Duta Besar Australia untuk Indonesia Meluncurkan Aplikasi Telepon Pintar Untuk Pembangunan Desa

Februari 01, 2017

Jakarta, 18 Januari 2017 – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Eko…

SELENGKAPNYA

Membuka Pintu Harapan : Lokakarya Penguatan BUMDes Kabupaten Bantaeng

April 28, 2017

KOMPAK melihat situasi Awaluddin lazim ditemui di 18.000 BUMDes yang tercatat di Kementerian Desa, Pembangunan…

SELENGKAPNYA