Melihat Dari

Kategori

Tanggal

Publikasi

Laporan Kemajuan

RENCANA KERJA 2017-2018

RENCANA KERJA 2017-2018 Rencana Kerja 2017–2018 ini menjelaskan komitmen KOMPAK dalam mendukung upaya Pemerintah Indonesia untuk mengurangi kemiskinan melalui peningkatan pelayanan dasar dan kesempatan ekonomi bagi masyarakat miskin dan rentan. Rencana Kerja ini dibuat berdasarkan kegiatan yang dilakukan dan pembelajaran yang didapatkan oleh KOMPAK baik di tingkat nasional maupun sub-nasional pada tahun 2016.

Seperti pada rencana kerja KOMPAK 2016, rencana kerja ini disajikan dalam dua bagian: Bagian A adalah Rencana Operasional dan Bagian B adalah Rencana Pelaksanaan. Rencana Kerja ini mencakup periode 18 bulan, yang menunjukkan kerja sama yang berkesinambungan antara kegiatan nasional dan sub-nasional serta memiliki fokus yang lebih besar pada pelaksanaan di tingkat sub-nasional.

Bab 1-3 menjelaskan konteks strategis, yang menghubungkan rencana kerja 2017-2018 dengan strategi pedoman 3 tahunan KOMPAK, yang menggambarkan pelaksanaan tata kelola KOMPAK dan uraian Kerangka Kinerja Strategis KOMPAK. Bab 4 memberikan gambaran tentang bagaimana KOMPAK akan bekerja sama dengan pemerintah dan mitra utama lainnya, kemudian pada Bab 5 dan 6 berisi dua strategi kunci dalam melaksanakan kegiatan KOMPAK, termasuk: (i) instrumen pelaksanaan dan pendekatan yang memungkinkan KOMPAK menggunakan berbagai modalitas dalam berbagai tingkat kegiatan; dan (ii) proses pengambilan keputusan yang menjamin KOMPAK tetap fleksibel dan responsif, namun strategis. Pada Bab 7 dijelaskan mengenai Siklus Manajemen Proyek (Project Management Cycle/PMC). Rencana kerja ini merupakan pedoman/rujukan bagi KOMPAK yang akan memastikan pelaksanaan sesuai dengan perencanaan, serta sebagai acuan dalam melakukan refleksi kegiatan, mengambil pembelajaran, fokus dan melakukan adaptasi sesuai dengan dinamika perubahan kedepannya.

Bab 8 memberikan gambaran tentang pendekatan KOMPAK terhadap manajemen risiko, sedangkan Bab 9 meringkas tentang strategi komunikasi KOMPAK. Bab 10 memberikan gambaran tentang pendekatan KOMPAK dalam mencapai nilai kemanfaatan (value for money).

Bab 11 dan seterusnya adalah Bagian B - Rencana Pelaksanaan. Bab ini menjelaskan secara rinci mengenai rencana kerja 2017-2018, termasuk informasi tentang konteks operasional Pemerintah Indonesia, prioritas Senior Management Team (SMT) KOMPAK untuk periode 18 bulan ke depan, ringkasan dari isu-isu utama yang dihadapi, dan proyek atau kelompok kegiatan untuk dilaksanakan pada 2017-2018. Ringkasan anggaran disajikan pada Bab 18.

Lampiran mencakup Indikator Kinerja terbaru KOMPAK, kolaborasi KOMPAK dengan program yang didukung oleh DFAT, Gantt Charts untuk implementasi proyek, rencana perluasan kegiatan sub-nasional untuk 2017-2018 (termasuk rencana operasional), serta alur penelitian dan analisis.
RENCANA KERJA 2017-2018
  • File Size 4.63 MB

Untuk informasi lebih lanjut silahkan email kami di:   info@kompak.or.id